LAPORAN
KEGIATAN MAGANG 1
SMA NEGERI 2 PANCA
RIJANG
Oleh
Nama : PAJRIN
NPM : 431810814
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
STKIP MUHAMMADIYAH SIDENRENG
RAPPANG
2015/2016
Kata Pengantar
Segala puji hanya milik Allah SWT. Karena
atas berkat limpahan rahmat dan hidayahnyalah sehingga kami dapat menyelesaikan
laporan Magang 1 ini.
Shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada Nabiullah
Muhammad SAW. Nabi yang telah membawa
manusia dari lembah kehinaan sampai pada Puncak kemuliaan.
Laporan Magang 1 ini Kami Susun berdasarkan petunjuk dari Buku Panduan yang
telah di bagikan sebelumnya, yang kemudian kami Tulis berdasarkan pengamatan
yang telah kami lakukan selama kurang lebih 1 bulan. Laporan ini di kami tulis dengan
berbagai macam rintangan dan halangan. Baik itu yang datang dari diri kami
sendiri maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama
pertolongan dari Allah akhirnya laporan Magang
1 ini dapat terselesaikan.
Semoga laporan ini dapat menjadi Sumber informasi bagi Penulis Maupun
Pembaca khususnya para mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sidrap. Tentang Keadaan
sekolah SMA NEGERI 2 PANCARIJANG, yang berada di Kabupaten Sudrap. Kami sadar bahwa Laporan ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Untuk itu,
kepada dosen pembimbing kami meminta masukannya demi
perbaikan dalam pembuatan
Laporan
Magang selanjutnya
dan mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.
Lautang Salo,22/Oktober/2015
Penyusun
Daftar Isi
Hal
Kata
Pengantar........................................................................................................................... I
Daftar
Isi................................................................................................................................... II
Pengesahan
Magang 1................................................................................................................ 1
Rubrik
Penilaian........................................................................................................................ 2
Bab
I Pendahuluan.................................................................................................................... 3
A.
Visi
Misi........................................................................................................................ 3
B.
Profil
Sekolah................................................................................................................ 3
Bab
II Prosedur Pelaksanaan..................................................................................................... 5
A.
Jumlah
Siswa, Tempat, Dan Waktu............................................................................... 5
B.
Langkah-Langkah
Pengamatan...................................................................................... 6
Bab
III Hasil Pelaksanaan Dan Pembahasan.............................................................................. 7
A.
Hasil
Pelaksanaan.......................................................................................................... 7
1.
Kultur
Sekolah......................................................................................................... 7
2.
Kompetensi
Dasar Padagogik, Kepribadian Dan Sosial........................................... 8
3.
Memperkuat
Pemahaman Peserta Didik................................................................... 9
4.
Proses
Belajar......................................................................................................... 10
5.
Refleksi.................................................................................................................. 10
B.
Pembahasan.................................................................................................................. 11
1.
Kultur
Sekolah........................................................................................................ 11
2.
Kumpetensi
Dasar Padagogik, Kepribadian Dan Sosial.......................................... 11
3.
Memperkuat
Pemahaman Peserta Didik.................................................................. 12
4.
Proses
Belajar......................................................................................................... 12
5.
Refleksi.................................................................................................................. 13
Bab
IV Penutup........................................................................................................................ 14
A.
Kesimpulan.................................................................................................................. 14
B.
Saran............................................................................................................................ 14
Daftar
Pustaka.......................................................................................................................... 16
LEMBAR
PENGESAHAN
KEGIATAN MAGANG 1
Laporan Program Magang 1 oleh Mahasiswa STKIP
Muhammadiyah Rappang di SMA Negeri 2 Panca Rijang tahun pelajaran 2015/2016
dinyatakan diterima dan disahkan.
Yang melaksanakan kegiatan ini
adalah :
Nama : Pajrin
NPM : 431810814
Program
studi : Teknologi Pendidikan
STKIP
Muhammadiyah Rappang
Rappang,
22 Oktober 2015
Disahkan oleh
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Panca Rijang
Drs.
H. Abd. Azis, M.Si.
NIP : 195912311985031159
|
1
|
Dosen Pengampu
Suhartini
Khalik, S.Pd, M.Pd.
NIDN : 0923067801
|
RUBRIK
PENILAIAN
LAPORAN KEGIATAN
MAGANG 1
Nama mahasiswa : Pajrin
NPM : 431810814
Program studi : Teknologi Pendidikan
Bab
|
Komponen
|
Ktiteria
|
Skala Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Pendahuluan
|
Visi Misi sekolah
|
|
|
|
|
Profil Sekolah
|
|
|
|
|
||
2
|
Prosedur Pelaksanaan
|
Jelas jumlah siswa, tempat, dan waktu pelaksanaan
magang 1
|
|
|
|
|
Langkah-langkah melakukan pengamatan
|
|
|
|
|
||
3
|
Hasil pelaksanaan dan
pembahasan
|
Deskripsi hasil pengamatan langsung kultur sekolah
|
|
|
|
|
Deskripsi hasil pengamatan untuk membangun
kompetensi dasar padagogik, kepribadian, dan sosial
|
|
|
|
|
||
Deskripsi hasil pengamatan untuk memperkuat
pemahaman peserta didik
|
|
|
|
|
||
Deskripsi hasil pengamatan langsung proses
pembelajaran di kelas
|
|
|
|
|
||
Refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran
|
|
|
|
|
||
4
|
Simpulan dan saran
|
Menyajikan simpulan hasil pelaksanaan
|
|
|
|
|
Saran tindak lanjud diberikan beserta temuan dan
pembahasan hasil pelaksanaan dan pembelajaran inovatif di kelas
|
|
|
|
|
||
5
|
Daftar pustaka
|
Daftar pustaka relevan dan penulisnya sesuai
ketentuan
|
|
|
|
|
jumlah
|
|
|
|
|
Keterangan :
·
Nilai:
1 Kurang Sekali; 2 Kurang; 3 Baik; 4 Baik Sekali
·
Penentuan
nilai akhir (NA) Magang 1
NA = (Jumlah Nilai Guru
Pembimbing + Jumlah Nilai Dosen Pembimbing)/2
·
Interval
Nilai
2
|
BAB
1
PENDAHULUAN
A.
VISI
DAN MISI
VISI
“Terwujudnya Prestasi Akademik
Dan Non Akademik Di Landasi Iman dan Taqwa”
MISI
1.
Melaksanakan
pembelajaran secara efektif dan terprogram
2.
Berprestasi
dalam perolehan nilai dan ujian nasional
3.
Meningkatkan
pembinaan keagamaan secara rutin dan terencana
4.
Meningkatkan
penguasaan iptek dalam mendongkrap prestasi akademik
5.
Meningkatkan
pembinaan olahraga, prestasi dan seni
B.
PROFIL
SEKOLAH
NAMA SEKOLAH : SMA NEGERI
2 PANCARIJANG
KEPALA SEKOLAH : Drs. H. ABDUL
AZIS, M.Si
WAKIL KEPALA SEKOLAH
KURIKULUM : Drs. SABIR B
KESISWAAN : SITTI RAHMA, S.Ag, Ma
SARANA : ISMAIL SAMADE, S.Pd
M,Si
HUMAS : H. MUSTARI, S.Pdi
BENDAHARA : Hj.SURIANA, S,Sos
ALAMAT : Jl. Lasindrang.
No. 94 Rappang
NOMOR TELPON : 0421
93787
NOMOR STATISTIK : 301191505013
NOMOR REKENING : 120-202-00002972-1
JUMLAH GURU Negeri : 39 Orang
Honor : 2 Orang
JUMLAH PEGAWAI Negeri : 6 Orang
Honor : 4 Orang
JUMLAH SISWA : 534
Orang
TANGGAL
BERDIRI :
14/Maret/1986
LUAS AREA SEKOLAH : 6.596 m2
JUMLAH ROMBEL : 20
Kelas
X : 7 Kelas
Kelas
XI IPA : 4 Kelas
3
|
Kelas
XII IPA : 4 Kelas
Kelas
XII IPS : 2 Kelas
LAB IPA : 1 Ruangan
LAB KOMPUTER : 1 Ruangan
MUSHALLAH : 1 Buah
RUANG OSIS : 1 Buah
BAB II
PROSEDUR PELAKSANAAN
A. Jumlah
Siswa, Tempat Dan Waktu Pelaksanaan Magang 1
1)
Jumlah Siswa
Jumlah siswa SMA NEGERI 2
PANCARIJANG tahun ajaran 2015/2016 adalah sebanyak 534 Siswa. Berikut rincian jumlah siswa SMA NEGERI 2 PANCARIJANG :
NO.
|
KELAS
|
JUMLAH SISWA
|
||
L
|
P
|
JUMLAH
|
||
1.
|
X.1
|
14
|
14
|
28
|
2.
|
X.2
|
11
|
15
|
26
|
3.
|
X.3
|
11
|
16
|
27
|
4.
|
X.4
|
14
|
15
|
29
|
5.
|
X.5
|
11
|
15
|
26
|
6.
|
X.6
|
10
|
15
|
25
|
7.
|
X.7
|
11
|
14
|
25
|
8.
|
XI.IPA 1
|
10
|
13
|
23
|
9.
|
XI.IPA 2
|
12
|
13
|
25
|
10.
|
XI.IPA 3
|
9
|
15
|
24
|
11.
|
XI.IPA 4
|
8
|
12
|
20
|
12.
|
XI.IPS 1
|
16
|
11
|
27
|
13.
|
XI.IPS 2
|
21
|
10
|
31
|
14.
|
XI.IPS 3
|
17
|
10
|
27
|
15.
|
XII.IPA 1
|
13
|
11
|
24
|
16.
|
XII.IPA 2
|
8
|
16
|
24
|
17.
|
XII.IPA 3
|
11
|
16
|
27
|
18.
|
XII.IPA 4
|
12
|
13
|
25
|
19.
|
XII.IPS 1
|
24
|
13
|
37
|
20.
|
XII.IPS 2
|
23
|
11
|
34
|
TOTAL
|
266
|
268
|
534
|
5
|
2) Tempat
Pelaksanaan Magang 1
Sesuai dengan hasil ketentuan
para dosen dan staf di kampus STKIP Muhammadiyah sidrap, bahwa mahasiswa yang
bernama :
Nama :
Pajrin
NPM : 431810814
Prodi : Teknologi Pendidikan
Di
tempatkan untuk magang 1 di :
Nama
Sekolah : SMA NEGERI 2
PANCARIJANG
Alamat
Sekolah : Jl.
Lasindrang No 94 Rappang
Kelurahan
/Desa : Pancarijang
Kecamatan
: Pancarijang
Kabupaten : Sidenreng Rappang
3)
Waktu Pelaksanaan Magang 1
Magang 1 di laksanakan selama
kurang lebih 1 bulan, pembekalan magang 1 di adakan pada tanggal 14 September
2015 dan Magang 1 akan di akhiri pada tanggal 22 Oktober 2015 tahun ajaran
2015/2016
B. Langkah-Langkah
Melakukan Pengamatan
Dalam
pelaksanaan kegiatan Magang 1 ini terdapat prosedur pelaksanaan yang harus
dilaksanakan. Adapun
langkah-langkah pengamatan dalam pembuatan laporan adalah :
1.
Pembayaran
uang magang 1 dan SPP semester 3
2.
Pembekalan
sekaligus pelepasan magang 1 oleh ketua STKIP Muhammadiyah Sidrap
3.
Penyerahan
peserta magang 1 oleh ibu suhartini khalik selaku dosen pembimbing, kepada
pihak sekolah SMA NEGERI 2 PANCARIJANG.
4.
Selanjutnya
mengadakan penelitian mulai dari visi misi sekolah, profil sekolah dan jumlah
siswa.
5.
Melaksanakan
pengamatan terhadap kultur sekolah dan proses belajar mengajar di kelas.
6.
Pengambilan
dokumentasi.
BAB III
HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil
Pelaksanaan
A.1.
Deskripsi Hasil Pengamatan Langsung Kultur Sekolah
1)
Keadaan
sekolah
SMA NEGERI 2
PANCARIJANG adalah salah satu sekolah favorit di Kabupaten sidrap, keadaan
sekolah bersih dan indah, gedung-gedung sekolah tertata rapi dan baik sehingga
dapat menyaingi sekolah-sekolah unggulan yang berada di kabupaten sidrap.
di dalam lingkungan
sekolah banyak terdapat pohon-pohon yang rindang, sehingga di dalam lingkungan
sekolah terasa sejuk dan nyaman. Di dalam lingkungan sekolah juga terdapat
lapangan basket, sekaligus lapangan bola sepak tempat murid-murid mengadakan
olahraga. Kelas-kelas tempat proses belajar mengajar berlangsung sangat bersih
dan rapi, sehingga dapat membuat proses belajar mengajar menjadi lebih nyaman
dan lebih efektif.
2)
Sistem
pembelajaran
Model,
metode dan tehnik pembelajaran yang di lakukan oleh guru di SMA NEGERI 2
PANCARIJANG, terutama pada mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan
Komunikasi) adalah sebagai berikut :
·
Metode
pendekatan
·
Metode
tanya jawab
·
Metode
Diskusi
·
Metode
praktik langsung di dalam lab komputer
7
|
A.2.
Deskripsi Hasil Pengamatan Untuk Membangun Kompetensi Dasar Padagogik,
Kepribadian Dan Sosial
1.
Kompetensi
Dasar Padagogik
Guru menjelaskan pelajaran secara
terperinci dan menggunakan bahasa-bahasa dan contoh-contoh yang sederhana,
sehingga para siswa dapat mengerti apa yang di jelaskan oleh guru.
Guru teknologi informasi dan
teknologi (TIK) mengadakan praktik langsung di dalam lab komputer, sehingga
para siswa tidak hanya dapat menerima materi langsung di dalam kelas, tetapi
juga dapat langsung mempraktikkan materi yang akan di ajarkan kepada siswa,
sebagai contoh :
Siswa kelas 1 belajar mengenai microsoft office,
guru mata pelajaran langsung membimbing siswa dalam menjalankan aplikasi
microsoft office, bukan hanya teori tetapi langsung di lakukan praktik.
Untuk mencapai pembelajaran yang mendorong siswa
mencapai hasil belajar yang optimal, guru memberikan bimbingan khusus kepada
siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar seperti menanyakan kesulitan apa
yang dialami siswa dalam menerima pembelajaran atau dalam penyelesaian latihan
soal dalam kelas. Guru memberikan
penguatan kepada siswa agar semangat dalam belajar
bahkan memberikan pujian agar siswa
dapat termotivasi dalam belajar. Guru juga meminta kepada siswa yang lebih
cepat menyelesaikan latihan dalam kelas agar membantu temannya yang kurang
mampu menyelesaikan latihan dengan tepat waktu.
2. Kompetensi Kepribadian
Di dalam
lingkungan sekolah terkadang pada saat berkomunikasi antara murid dengan murid,
antara murid dengan guru, maupun antara guru dengan guru. Di gunakan bahasa
daerah setempat yaitu bahasa bugis. Pada saat proses pelajaran berlangsung
tetap di gunakan bahasa indonesia tetapi ketika ada murid yang tidak begitu
mengerti ketika menggunaka bahasa indonesia, maka guru akan menjelaskan dengan
bahasa bugis agar siswa dapat memahami dengan mudah mata pelajaran yang di
ajarkan.
3. Kompetensi Sosial
Sikap guru di SMA NEGERI 2 PANCARIJANG terlihat antusias dalam memberikan
pelajaran pada siswanya masing-masing sehingga siswa pun bersemangat dalam belajar.
Begitupun sikap guru yang satu dengan guru lainnya terjalin dengan baik, saling
mengingatkan bila terdapat kekurangan baik yang disengaja maupun tidak sengaja.
Guru-guru terlihat kompak di sekolah, terlihat beberapa kesepakatan-kesepakatan
yang membuat kepala sekolah dan guru menjadikan kebiasaan, seperti misalnya
membuat pertemuan rutin di waktu-waktu tertentu baik rapat maupun arisan para
guru.
A.3.
Deskripsi Hasil Pengamatan Untuk Memperkuat Pemahaman Peserta Didik
Karakteristik siswa dalam kelas masing-masing memiliki perbedaan yang
mejadikan karakter siswa menjadi baragam, ini menjadikan guru harus berusaha
lebih dalam memberikan pemahaman kepada peserta didik. Dalam kelas ada siswa
yang cepat dalam memahami pelajaran dan ada juga yang lambat. Inisiatif guru
adalah memberikan pelajaran secara bersamaan, mengulangi jika belum mengerti,
menanyakan apabila ada kesulitan, guru juga memberikan kesempatan anak yang
mudah memahami materi mengajari temannya
yang masih belum mengerti pelajaran yang diberikan. Memberikan model
pembelajaran secara berkelompok agar masing-masing anggota kelompok saling
menguatkan.
A.4.
Deskripsi Hasil Pengamatan Langsung Proses Pembelajaran Di Kelas
§ Kegiatan awal
o
Meberikan
salam
o
Mengecek
kesiapan siswa dan kehadiran siswa (absen)
o
Menanyakan
materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya
o
Menanyakan
tugas yang diberikan, jika ada.
§ Kegiatan inti
o
Guru
memberikan materi pelajaran
o
Menanyakan
materi pelajaran yang belum di pahami
o
Mengadakan
tanya jawab
§ Kegiatan akhir
o
Memberikan
tugas
o
Menyampaikan
pesan-pesan moral
o
Menutup
pelajaran
A.5.
Refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran
Setelah memberikan pelajaran, guru
memberikan latihan soal mengenai materi yang telah diberikan. Guru memberikan
soal latihan 2 sampai 3 nomor dan memberikan waktu 10-15 menit kepada murid
untuk menyelesaikannya. Setelah waktu selesai guru memberikan evaluasi dan
membantu siswa yang belum dapat menyelesaikannya. Guru menjelaskan kembali
materi yang dievaluasikan dan menyelesaikan soal secara bersama-sama dengan
teman sampai selesai. Kemudian memberikan tugas pekerjaan rumah yang di periksa
pada tertemuan selanjutnya.
B.
Pembahasan
1. Kultur
SMA NEGERI 2 PANCARIJANG adalah salah satu sekolah
favorit di kabupaten Sidrap pada umumnya dan di Kecamatan Pancarijang
Khususnya. Sekolah ini beralamat di jalan poros pinrang-rappang no. 94. Keadaan
sekolah sangat baik, ruangan-ruangan tertata rapi dan halaman sekolah pun
bertata dengan baik, meskipun saat ini masih di adakan beberapa renovasi kelas
dan juga ruangan yang di anggap sudah tidak layak. Jadi di adakan renovasi.
Kemudian ada juga pembangunan ruangan kepala sekolah dan juga ruangan guru.
Sistem pelajaran yang di gunakan di dalam kelas
bermacam-macam. Mulai dari yang menggunakan metode bercerita, tanyajawab,
sampai yang menggunakan metode praktik langsung di lapangan, sesuai dengan
kebutuhan siswa dan materi yang di
ajarkan.
2. Kompetensi
dasar padagogik, kepribadian, dan sosial
Di dalam sebuah proses pembelajaran di dalam kelas
guru memberikan pelajaran mulai dari yang mudah-mudah dulu, yang dapat dengan
mudah di mengerti oleh murid-murid, kemudian di berikan yang agak susah. Guru
selalu memberikan pelajaran sesuai RPP yang telah di sediakan/di buat sejak
awal semester.
Guru (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi,
biasanya mengadakan proses belajar mengajar (PBM) di dalam ruangan LAB
komputer, agar siswa dapat lebih mudah mengerti materi pelajaran yang akan di
sampaikan.
Terkadang saat murid berkomunikasi didalam lingkungan
sekolah, baik itu kepada teman-temanya, guru, maupun kepala sekolah. Mereka
menggunakan bahasa daerah setempat, yaitu bahasa BUGIS. Tetapi pada saat proses
belajar mengajar berlangsung, guru tetap menggunakan bahasa indonesia pada
umumnya, kecuali jika ada murid yang tidak begitu paham tentang materi yang di
berikan, maka guru menjelaskan dengan menggunakan bahasa bugis, agar murid
dapat lebih mengerti.
Hubungan antara murid dengan murid, murid dengan guru,
murid dengan kepala sekolah, guru dengan guru, dan guru dengan kepala sekolah
terlain begitu baik dan harmonis di dalam lingkungan sekolah, terkadang kita
lihat mereka saling bercanda bersama, minum teh hangat bersama, dan bercerita
bersama. Hubungan di dalam lingkungan sekolah terjalin dengan begitu baik dan
harmonis.
3. Memperkuat
pemahaman peserta didik
Guru adalah agen-agen intlektual yang harus menjalani
profesinya dengan penuh tanggungjawab di sertai dengan cinta, karna guru disini
adalah peran utama dalam membangun bangsa ini, berbagai macam usaha guru dalam
mengadakan proses pembelajaran di dalam kelas, agar proses pembelajaran
tersebut dapat berjalan dengan efektif. Mulai dari bercerita, tanya jawab,
diskusi, dan praktik. Semuanya itu di lakukan agar peserta didik dapat memahami
materi-materi yang di berikan di dalam kelas.
4. Hasil
pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas
Kegiatan awal di mulai dengan memberikan salam,
mengadakan persiapan sebelum memasuki materi, selanjutnya di laksanakan
pemberian materi pelajaran dan mengadakan diskusi serta tanya jawab oleh guru
dan siswa. selanjutnya memberikan tugas-tugas (jika sempat), kegiatan akhir
guru memberikan pesan-pesan moral kepada siswa agar siswa tidak merasa jenuh
dalam mengadakan proses belajar-mengajar.
5. Refleksi
proses pembelajaran
Setelah guru mengadakan proses pemberian materi di
dalam kelas, guru biasanya memberikan soal-soal latihan kepada siswa 2-5 soal,
kemudian soal latihan itu di kerjakan secara bersama-sama sampai selesai.
Setelah itu guru menjelaskan kembali materi-materi yang tadi di berikan agar
siswa dapat lebih memahami materi yang di berikan. Kemudian guru memberikan
tugas pekerjaan rumah yang akan di periksa pada pertemuan selanjutnya.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari hasil proses magang 1 ini, kami dapat
menyimpulkan bahwa SMA NEGERI 2 PANCARIJANG merupakan sebuah sekolah di
kabupaten Sidenteng Rappang yang termasuk sekolah unggulan. Semua aspek yang
ada di dalam lingkungan sekolah saling bekerjasama untuk terwujudnya proses
belajar mengajar yang efektif.
Halaman sekolah, ruangan guru, ruangan perpustakaan,
ruangan kelas, sampai pada semua kantin/tempat makan yang ada di dalam sekolah di
susun dengan baik sehingga tercipta lingkungan sekolah yang baik dan bersih.
Setelah pelaksanaan magang 1 ini selesai banyak ilmu
yang bisa kami petik, kami dapat mengetahui bagaimana proses pelaksanaan
kegiatan di dalam kelas, dan cara guru untuk menyelesaikan masalah-masalah yang
timbul pada saat proses belajar-mengajar berlangsung dan bagaimana trik-trik
atau cara melaksanakan proses pembelajaran agar proses pembelajaran dapat
berjalan dengan efektif.
B. Saran
Dari hasil pelaksanaan magang 1 ini, kami dapat
menyimpulkan beberapa hal yang seharusyna dapat lebih di tingkatkan :
1. Harus lebih di tingkatkan pengamanan yang ada di
lingkungan sekolah
2.
13
|
3. Peningkatan mutu pembelajaran melalui sosialisasi
penggunaan media pembelajaran untuk guru-guru yang kurang mengerti cara
menggunakan media.
DAFTAR PUSTAKA
Online.http://viapurwawisesasiregar.blogspot.com/2014/03/makalah-tentang-kompetensi-paedagofik.html [Artikel diterbitkan pada jumat, 07 Maret 2014 dan
diakses pada Minggu, 24 Agustus 2014]
Online.http://elfa43eriyani.wordpress.com/2012/12/23/kompetensi-guru/ [Artikel diterbitkan pada 23 Desember 2013 dan
diakses pada hari Minggu, 24 Agustus 2014]
Program Magang 1. 2015. Buku Panduan Magang 1. STKIP
Muhammadiyah Sidrap.
Umaedi. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wardani. 2007. Pemantapan
Kemampuan Mengajar (PKM). Jakarta: Universitas Terbuka
16
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar