Jumat, 20 November 2015

LAPORAN MAGANG 1 STKIP MUHAMMADIYAH SIDRAP 2015/2016







LAPORAN
KEGIATAN MAGANG 1



SMA NEGERI 2 PANCA RIJANG

Oleh
                                                      Nama     :  PAJRIN
                                                      NPM      :  431810814


PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
STKIP MUHAMMADIYAH SIDENRENG RAPPANG
2015/2016








Kata Pengantar

Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT. Karena atas berkat limpahan rahmat dan hidayahnyalah sehingga kami dapat menyelesaikan laporan Magang 1 ini.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Nabiullah Muhammad  SAW. Nabi yang telah membawa manusia dari lembah kehinaan sampai pada Puncak kemuliaan.
Laporan Magang 1 ini Kami Susun berdasarkan petunjuk dari Buku Panduan yang telah di bagikan sebelumnya, yang kemudian kami Tulis berdasarkan pengamatan yang telah kami lakukan selama kurang lebih 1 bulan. Laporan ini di kami tulis dengan berbagai macam rintangan dan halangan. Baik itu yang datang dari diri kami sendiri maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya laporan Magang 1 ini dapat terselesaikan.
Semoga laporan ini dapat menjadi Sumber informasi bagi Penulis Maupun Pembaca khususnya para mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sidrap. Tentang Keadaan sekolah SMA NEGERI 2 PANCARIJANG,  yang berada di Kabupaten Sudrap. Kami sadar bahwa Laporan ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Untuk itu,  kepada  dosen  pembimbing kami meminta  masukannya  demi  perbaikan dalam pembuatan  Laporan Magang selanjutnya dan mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.


Lautang Salo,22/Oktober/2015


Penyusun




Daftar Isi

Hal
Kata Pengantar........................................................................................................................... I
Daftar Isi................................................................................................................................... II
Pengesahan Magang 1................................................................................................................ 1
Rubrik Penilaian........................................................................................................................ 2
Bab I Pendahuluan.................................................................................................................... 3
A.     Visi Misi........................................................................................................................ 3
B.     Profil Sekolah................................................................................................................ 3
Bab II Prosedur Pelaksanaan..................................................................................................... 5
A.     Jumlah Siswa, Tempat, Dan Waktu............................................................................... 5
B.     Langkah-Langkah Pengamatan...................................................................................... 6
Bab III Hasil Pelaksanaan Dan Pembahasan.............................................................................. 7
A.     Hasil Pelaksanaan.......................................................................................................... 7
1.      Kultur Sekolah......................................................................................................... 7
2.      Kompetensi Dasar Padagogik, Kepribadian Dan Sosial........................................... 8
3.      Memperkuat Pemahaman Peserta Didik................................................................... 9
4.      Proses Belajar......................................................................................................... 10
5.      Refleksi.................................................................................................................. 10
B.     Pembahasan.................................................................................................................. 11
1.      Kultur Sekolah........................................................................................................ 11
2.      Kumpetensi Dasar Padagogik, Kepribadian Dan Sosial.......................................... 11
3.      Memperkuat Pemahaman Peserta Didik.................................................................. 12
4.      Proses Belajar......................................................................................................... 12
5.      Refleksi.................................................................................................................. 13
Bab IV Penutup........................................................................................................................ 14
A.     Kesimpulan.................................................................................................................. 14
B.     Saran............................................................................................................................ 14
Daftar Pustaka.......................................................................................................................... 16


LEMBAR
PENGESAHAN KEGIATAN MAGANG 1

Laporan Program Magang 1 oleh Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Rappang di SMA Negeri 2 Panca Rijang tahun pelajaran 2015/2016 dinyatakan diterima dan disahkan.

              Yang melaksanakan kegiatan ini adalah :
              Nama                          : Pajrin
              NPM                           : 431810814
              Program studi              : Teknologi Pendidikan
              STKIP Muhammadiyah Rappang

                                                                                        Rappang, 22 Oktober 2015

Disahkan oleh

Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Panca Rijang



Drs. H. Abd. Azis, M.Si.
NIP : 195912311985031159


1

Dosen Pengampu



Suhartini Khalik, S.Pd, M.Pd.
NIDN : 0923067801

 










RUBRIK PENILAIAN
LAPORAN KEGIATAN MAGANG 1

Nama mahasiswa           : Pajrin
NPM                              : 431810814
Program studi                : Teknologi Pendidikan
Bab
Komponen
Ktiteria
Skala Penilaian
1
2
3
4
1
Pendahuluan
Visi Misi sekolah




Profil Sekolah




2
Prosedur Pelaksanaan
Jelas jumlah siswa, tempat, dan waktu pelaksanaan magang 1




Langkah-langkah melakukan pengamatan




3
Hasil pelaksanaan dan pembahasan
Deskripsi hasil pengamatan langsung kultur sekolah




Deskripsi hasil pengamatan untuk membangun kompetensi dasar padagogik, kepribadian, dan sosial




Deskripsi hasil pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik




Deskripsi hasil pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas




Refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran




4
Simpulan dan saran
Menyajikan simpulan hasil pelaksanaan




Saran tindak lanjud diberikan beserta temuan dan pembahasan hasil pelaksanaan dan pembelajaran inovatif di kelas




5
Daftar pustaka
Daftar pustaka relevan dan penulisnya sesuai ketentuan




jumlah





Keterangan :
·         Nilai: 1 Kurang Sekali; 2 Kurang; 3 Baik; 4 Baik Sekali
·         Penentuan nilai akhir (NA) Magang 1
NA = (Jumlah Nilai Guru Pembimbing + Jumlah Nilai Dosen Pembimbing)/2
·         Interval Nilai

2

 

BAB 1
PENDAHULUAN

A.     VISI DAN MISI

VISI
“Terwujudnya Prestasi Akademik Dan Non Akademik Di Landasi Iman dan Taqwa”

MISI
1.      Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan terprogram
2.      Berprestasi dalam perolehan nilai dan ujian nasional
3.      Meningkatkan pembinaan keagamaan secara rutin dan terencana
4.      Meningkatkan penguasaan iptek dalam mendongkrap prestasi akademik
5.      Meningkatkan pembinaan olahraga, prestasi dan seni


B.     PROFIL SEKOLAH

NAMA SEKOLAH                                    : SMA NEGERI 2 PANCARIJANG
KEPALA SEKOLAH                                 : Drs. H. ABDUL AZIS, M.Si
WAKIL KEPALA SEKOLAH                  
                          KURIKULUM                 : Drs. SABIR B
                          KESISWAAN                  : SITTI RAHMA, S.Ag, Ma
                          SARANA                         : ISMAIL SAMADE, S.Pd M,Si
                          HUMAS                           : H. MUSTARI, S.Pdi
BENDAHARA                                          : Hj.SURIANA, S,Sos
ALAMAT                                                  : Jl. Lasindrang. No. 94 Rappang
NOMOR TELPON                                     : 0421 93787
NOMOR STATISTIK                                : 301191505013
NOMOR REKENING                                : 120-202-00002972-1

JUMLAH GURU                            Negeri  : 39 Orang
                                                      Honor  : 2 Orang
JUMLAH PEGAWAI                     Negeri  : 6 Orang
                                                      Honor  : 4 Orang
JUMLAH SISWA                                      : 534 Orang

            TANGGAL BERDIRI                                : 14/Maret/1986
LUAS AREA SEKOLAH                           : 6.596 m2
JUMLAH ROMBEL                                  : 20
                                          Kelas X           : 7 Kelas
                                          Kelas XI IPA   : 4 Kelas
3
                                          Kelas XI IPS    : 3 Kelas
                                          Kelas XII IPA  : 4 Kelas
                                          Kelas XII IPS   : 2 Kelas
LAB IPA                                                    : 1 Ruangan
LAB KOMPUTER                                     : 1 Ruangan
MUSHALLAH                                           : 1 Buah
RUANG OSIS                                            : 1 Buah



BAB II
PROSEDUR PELAKSANAAN


A.     Jumlah Siswa, Tempat Dan Waktu Pelaksanaan Magang 1
1)      Jumlah Siswa
Jumlah siswa SMA NEGERI 2 PANCARIJANG tahun ajaran 2015/2016 adalah sebanyak 534 Siswa. Berikut rincian jumlah siswa SMA NEGERI 2 PANCARIJANG :

NO.
KELAS
JUMLAH SISWA
L
P
JUMLAH
1.
X.1
14
14
28
2.
X.2
11
15
26
3.
X.3
11
16
27
4.
X.4
14
15
29
5.
X.5
11
15
26
6.
X.6
10
15
25
7.
X.7
11
14
25
8.
XI.IPA 1
10
13
23
9.
XI.IPA 2
12
13
25
10.
XI.IPA 3
9
15
24
11.
XI.IPA 4
8
12
20
12.
XI.IPS 1
16
11
27
13.
XI.IPS 2
21
10
31
14.
XI.IPS 3
17
10
27
15.
XII.IPA 1
13
11
24
16.
XII.IPA 2
8
16
24
17.
XII.IPA 3
11
16
27
18.
XII.IPA 4
12
13
25
19.
XII.IPS  1
24
13
37
20.
XII.IPS  2
23
11
34
TOTAL
266
268
534

5

 

2)      Tempat Pelaksanaan Magang 1
Sesuai dengan hasil ketentuan para dosen dan staf di kampus STKIP Muhammadiyah sidrap, bahwa mahasiswa yang bernama :

Nama               : Pajrin
NPM                : 431810814
Prodi                : Teknologi Pendidikan

Di tempatkan untuk magang 1 di :

Nama Sekolah             : SMA NEGERI 2 PANCARIJANG
Alamat Sekolah                       : Jl. Lasindrang No 94 Rappang
Kelurahan /Desa          : Pancarijang
Kecamatan                   : Pancarijang
Kabupaten                   : Sidenreng Rappang

3)      Waktu Pelaksanaan Magang 1
Magang 1 di laksanakan selama kurang lebih 1 bulan, pembekalan magang 1 di adakan pada tanggal 14 September 2015 dan Magang 1 akan di akhiri pada tanggal 22 Oktober 2015 tahun ajaran 2015/2016

B.     Langkah-Langkah Melakukan Pengamatan
Dalam pelaksanaan kegiatan Magang 1 ini terdapat prosedur pelaksanaan yang harus dilaksanakan. Adapun  langkah-langkah  pengamatan  dalam pembuatan laporan adalah :

1.      Pembayaran uang magang 1 dan SPP semester 3
2.      Pembekalan sekaligus pelepasan magang 1 oleh ketua STKIP Muhammadiyah Sidrap
3.      Penyerahan peserta magang 1 oleh ibu suhartini khalik selaku dosen pembimbing, kepada pihak sekolah SMA NEGERI 2 PANCARIJANG.
4.      Selanjutnya mengadakan penelitian mulai dari visi misi sekolah, profil sekolah dan jumlah siswa.
5.      Melaksanakan pengamatan terhadap kultur sekolah dan proses belajar mengajar di kelas.
6.      Pengambilan dokumentasi.



BAB III
HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN


A.     Hasil Pelaksanaan
A.1. Deskripsi Hasil Pengamatan Langsung Kultur Sekolah
1)        Keadaan sekolah
SMA NEGERI 2 PANCARIJANG adalah salah satu sekolah favorit di Kabupaten sidrap, keadaan sekolah bersih dan indah, gedung-gedung sekolah tertata rapi dan baik sehingga dapat menyaingi sekolah-sekolah unggulan yang berada di kabupaten sidrap.
di dalam lingkungan sekolah banyak terdapat pohon-pohon yang rindang, sehingga di dalam lingkungan sekolah terasa sejuk dan nyaman. Di dalam lingkungan sekolah juga terdapat lapangan basket, sekaligus lapangan bola sepak tempat murid-murid mengadakan olahraga. Kelas-kelas tempat proses belajar mengajar berlangsung sangat bersih dan rapi, sehingga dapat membuat proses belajar mengajar menjadi lebih nyaman dan lebih efektif.
2)      Sistem pembelajaran
Model, metode dan tehnik pembelajaran yang di lakukan oleh guru di SMA NEGERI 2 PANCARIJANG, terutama pada mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) adalah sebagai berikut :
·           Metode pendekatan
·           Metode tanya jawab
·           Metode Diskusi
·           Metode praktik langsung di dalam lab komputer
7

 

A.2. Deskripsi Hasil Pengamatan Untuk Membangun Kompetensi Dasar Padagogik, Kepribadian Dan Sosial
1.      Kompetensi Dasar Padagogik
Guru menjelaskan pelajaran secara terperinci dan menggunakan bahasa-bahasa dan contoh-contoh yang sederhana, sehingga para siswa dapat mengerti apa yang di jelaskan oleh guru.
Guru teknologi informasi dan teknologi (TIK) mengadakan praktik langsung di dalam lab komputer, sehingga para siswa tidak hanya dapat menerima materi langsung di dalam kelas, tetapi juga dapat langsung mempraktikkan materi yang akan di ajarkan kepada siswa, sebagai contoh :
Siswa kelas 1 belajar mengenai microsoft office, guru mata pelajaran langsung membimbing siswa dalam menjalankan aplikasi microsoft office, bukan hanya teori tetapi langsung di lakukan praktik.
Untuk mencapai pembelajaran yang mendorong siswa mencapai hasil belajar yang optimal, guru memberikan bimbingan khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar seperti menanyakan kesulitan apa yang dialami siswa dalam menerima pembelajaran atau dalam penyelesaian latihan soal dalam kelas. Guru memberikan
penguatan kepada siswa agar semangat dalam belajar bahkan memberikan pujian  agar siswa dapat termotivasi dalam belajar. Guru juga meminta kepada siswa yang lebih cepat menyelesaikan latihan dalam kelas agar membantu temannya yang kurang mampu menyelesaikan latihan dengan tepat waktu.


2.      Kompetensi Kepribadian
Di dalam lingkungan sekolah terkadang pada saat berkomunikasi antara murid dengan murid, antara murid dengan guru, maupun antara guru dengan guru. Di gunakan bahasa daerah setempat yaitu bahasa bugis. Pada saat proses pelajaran berlangsung tetap di gunakan bahasa indonesia tetapi ketika ada murid yang tidak begitu mengerti ketika menggunaka bahasa indonesia, maka guru akan menjelaskan dengan bahasa bugis agar siswa dapat memahami dengan mudah mata pelajaran yang di ajarkan.

3.      Kompetensi Sosial
Sikap guru di SMA NEGERI 2 PANCARIJANG terlihat antusias dalam memberikan pelajaran pada siswanya masing-masing sehingga siswa pun bersemangat dalam belajar. Begitupun sikap guru yang satu dengan guru lainnya terjalin dengan baik, saling mengingatkan bila terdapat kekurangan baik yang disengaja maupun tidak sengaja. Guru-guru terlihat kompak di sekolah, terlihat beberapa kesepakatan-kesepakatan yang membuat kepala sekolah dan guru menjadikan kebiasaan, seperti misalnya membuat pertemuan rutin di waktu-waktu tertentu baik rapat maupun arisan para guru.

A.3. Deskripsi Hasil Pengamatan Untuk Memperkuat Pemahaman Peserta Didik
            Karakteristik siswa dalam kelas masing-masing memiliki perbedaan yang mejadikan karakter siswa menjadi baragam, ini menjadikan guru harus berusaha lebih dalam memberikan pemahaman kepada peserta didik. Dalam kelas ada siswa yang cepat dalam memahami pelajaran dan ada juga yang lambat. Inisiatif guru adalah memberikan pelajaran secara bersamaan, mengulangi jika belum mengerti, menanyakan apabila ada kesulitan, guru juga memberikan kesempatan anak yang mudah memahami materi  mengajari temannya yang masih belum mengerti pelajaran yang diberikan. Memberikan model pembelajaran secara berkelompok agar masing-masing anggota kelompok saling menguatkan.

A.4. Deskripsi Hasil Pengamatan Langsung Proses Pembelajaran Di Kelas
§  Kegiatan awal
o   Meberikan salam
o   Mengecek kesiapan siswa dan kehadiran siswa (absen)
o   Menanyakan materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya
o   Menanyakan tugas yang diberikan, jika ada.
§  Kegiatan inti
o   Guru memberikan materi pelajaran
o   Menanyakan materi pelajaran yang belum di pahami
o   Mengadakan tanya jawab
§  Kegiatan akhir
o   Memberikan tugas
o   Menyampaikan pesan-pesan moral
o   Menutup pelajaran

A.5. Refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran
            Setelah memberikan pelajaran, guru memberikan latihan soal mengenai materi yang telah diberikan. Guru memberikan soal latihan 2 sampai 3 nomor dan memberikan waktu 10-15 menit kepada murid untuk menyelesaikannya. Setelah waktu selesai guru memberikan evaluasi dan membantu siswa yang belum dapat menyelesaikannya. Guru menjelaskan kembali materi yang dievaluasikan dan menyelesaikan soal secara bersama-sama dengan teman sampai selesai. Kemudian memberikan tugas pekerjaan rumah yang di periksa pada tertemuan selanjutnya.

B.     Pembahasan
1.      Kultur
SMA NEGERI 2 PANCARIJANG adalah salah satu sekolah favorit di kabupaten Sidrap pada umumnya dan di Kecamatan Pancarijang Khususnya. Sekolah ini beralamat di jalan poros pinrang-rappang no. 94. Keadaan sekolah sangat baik, ruangan-ruangan tertata rapi dan halaman sekolah pun bertata dengan baik, meskipun saat ini masih di adakan beberapa renovasi kelas dan juga ruangan yang di anggap sudah tidak layak. Jadi di adakan renovasi. Kemudian ada juga pembangunan ruangan kepala sekolah dan juga ruangan guru.
Sistem pelajaran yang di gunakan di dalam kelas bermacam-macam. Mulai dari yang menggunakan metode bercerita, tanyajawab, sampai yang menggunakan metode praktik langsung di lapangan, sesuai dengan kebutuhan siswa  dan materi yang di ajarkan.
2.      Kompetensi dasar padagogik, kepribadian, dan sosial
Di dalam sebuah proses pembelajaran di dalam kelas guru memberikan pelajaran mulai dari yang mudah-mudah dulu, yang dapat dengan mudah di mengerti oleh murid-murid, kemudian di berikan yang agak susah. Guru selalu memberikan pelajaran sesuai RPP yang telah di sediakan/di buat sejak awal semester.
Guru (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, biasanya mengadakan proses belajar mengajar (PBM) di dalam ruangan LAB komputer, agar siswa dapat lebih mudah mengerti materi pelajaran yang akan di sampaikan.
Terkadang saat murid berkomunikasi didalam lingkungan sekolah, baik itu kepada teman-temanya, guru, maupun kepala sekolah. Mereka menggunakan bahasa daerah setempat, yaitu bahasa BUGIS. Tetapi pada saat proses belajar mengajar berlangsung, guru tetap menggunakan bahasa indonesia pada umumnya, kecuali jika ada murid yang tidak begitu paham tentang materi yang di berikan, maka guru menjelaskan dengan menggunakan bahasa bugis, agar murid dapat lebih mengerti.
Hubungan antara murid dengan murid, murid dengan guru, murid dengan kepala sekolah, guru dengan guru, dan guru dengan kepala sekolah terlain begitu baik dan harmonis di dalam lingkungan sekolah, terkadang kita lihat mereka saling bercanda bersama, minum teh hangat bersama, dan bercerita bersama. Hubungan di dalam lingkungan sekolah terjalin dengan begitu baik dan harmonis.
3.      Memperkuat pemahaman peserta didik
Guru adalah agen-agen intlektual yang harus menjalani profesinya dengan penuh tanggungjawab di sertai dengan cinta, karna guru disini adalah peran utama dalam membangun bangsa ini, berbagai macam usaha guru dalam mengadakan proses pembelajaran di dalam kelas, agar proses pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan efektif. Mulai dari bercerita, tanya jawab, diskusi, dan praktik. Semuanya itu di lakukan agar peserta didik dapat memahami materi-materi yang di berikan di dalam kelas.
4.      Hasil pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas
Kegiatan awal di mulai dengan memberikan salam, mengadakan persiapan sebelum memasuki materi, selanjutnya di laksanakan pemberian materi pelajaran dan mengadakan diskusi serta tanya jawab oleh guru dan siswa. selanjutnya memberikan tugas-tugas (jika sempat), kegiatan akhir guru memberikan pesan-pesan moral kepada siswa agar siswa tidak merasa jenuh dalam mengadakan proses belajar-mengajar.
5.      Refleksi proses pembelajaran
Setelah guru mengadakan proses pemberian materi di dalam kelas, guru biasanya memberikan soal-soal latihan kepada siswa 2-5 soal, kemudian soal latihan itu di kerjakan secara bersama-sama sampai selesai. Setelah itu guru menjelaskan kembali materi-materi yang tadi di berikan agar siswa dapat lebih memahami materi yang di berikan. Kemudian guru memberikan tugas pekerjaan rumah yang akan di periksa pada pertemuan selanjutnya.

BAB IV
PENUTUP


A.     Kesimpulan
Dari hasil proses magang 1 ini, kami dapat menyimpulkan bahwa SMA NEGERI 2 PANCARIJANG merupakan sebuah sekolah di kabupaten Sidenteng Rappang yang termasuk sekolah unggulan. Semua aspek yang ada di dalam lingkungan sekolah saling bekerjasama untuk terwujudnya proses belajar mengajar yang efektif.
Halaman sekolah, ruangan guru, ruangan perpustakaan, ruangan kelas, sampai pada semua kantin/tempat makan yang ada di dalam sekolah di susun dengan baik sehingga tercipta lingkungan sekolah yang baik dan bersih.
Setelah pelaksanaan magang 1 ini selesai banyak ilmu yang bisa kami petik, kami dapat mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kegiatan di dalam kelas, dan cara guru untuk menyelesaikan masalah-masalah yang timbul pada saat proses belajar-mengajar berlangsung dan bagaimana trik-trik atau cara melaksanakan proses pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.

B.     Saran
Dari hasil pelaksanaan magang 1 ini, kami dapat menyimpulkan beberapa hal yang seharusyna dapat lebih di tingkatkan :
1.      Harus lebih di tingkatkan pengamanan yang ada di lingkungan sekolah
2.     
13
Pengadaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar berlangsung, seperti LCD Proyektor, Laptop untuk guru, dan penambahan sarana pembelajaran seperti komputer, buku-buku paket, dan alat-alat olahraga.
3.      Peningkatan mutu pembelajaran melalui sosialisasi penggunaan media pembelajaran untuk guru-guru yang kurang mengerti cara menggunakan media.


DAFTAR PUSTAKA

Online.http://viapurwawisesasiregar.blogspot.com/2014/03/makalah-tentang-kompetensi-paedagofik.html [Artikel diterbitkan pada jumat, 07 Maret 2014 dan diakses pada Minggu, 24 Agustus 2014]
Online.http://elfa43eriyani.wordpress.com/2012/12/23/kompetensi-guru/ [Artikel diterbitkan pada 23 Desember 2013 dan diakses pada hari Minggu, 24 Agustus 2014]
       Program Magang 1. 2015. Buku Panduan Magang 1. STKIP Muhammadiyah Sidrap.
       Umaedi. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wardani. 2007. Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Jakarta: Universitas Terbuka






                       







16
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar