Minggu, 04 Juni 2017

LAPORAN MAGANG 2 STKIP MUHAMMADIYAH SIDRAP 2016/2017





LAPORAN
KEGIATAN MAGANG 2



SMK NEGERI 1 PANCA RIJANG

Oleh

                                           Nama :  PAJRIN
                                           NPM   :  431810814


PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
STKIP MUHAMMADIYAH SIDENRENG RAPPANG
2016/2017



Kata Pengantar

Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT. karena atas berkat limpahan rahmat dan hidayahnyalah sehingga kami dapat menyelesaikan laporan Magang 2 ini.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Nabiullah Muhammad  SAW. Nabi yang telah membawa manusia dari lembah kehinaan sampai pada Puncak kemuliaan.
Laporan Magang 2 ini Kami Susun berdasarkan petunjuk dari Buku Panduan yang telah di bagikan sebelumnya, yang kemudian kami Tulis berdasarkan pengamatan yang telah kami lakukan selama kurang lebih 1 bulan. Laporan ini di kami tulis dengan berbagai macam rintangan dan halangan. Baik itu yang datang dari diri kami sendiri maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya laporan Magang 2 ini dapat terselesaikan.
Semoga laporan ini dapat menjadi Sumber informasi bagi Penulis Maupun Pembaca khususnya para mahasiswa STKIP Muhammadiyah Rappang. Tentang Keadaan sekolah SMK Negeri 1 Pancarijang,  yang berada di Kabupaten Sudrap. Kami sadar bahwa Laporan ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Untuk itu,  kepada  dosen  pembimbing kami meminta  masukannya  demi  perbaikan dalam pembuatan  Laporan Magang selanjutnya dan mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.


Lautang Salo,19/September/2016


Penyusun

Daftar Isi

Hal
Kata Pengantar........................................................................................................ I
Daftar Isi................................................................................................................ II
Pengesahan Magang 1............................................................................................ 1
Rubrik Penilaian...................................................................................................... 2
Bab I Pendahuluan................................................................................................. 3
A.    Visi Misi...................................................................................................... 3
B.     Profil Sekolah............................................................................................. 3
Bab II Prosedur Pelaksanaan.................................................................................. 5
A.    Jumlah Siswa, Tempat, Dan Waktu............................................................ 5
B.     Langkah-Langkah Pengamatan.................................................................. 6
Bab III Hasil Pelaksanaan Dan Pembahasan.......................................................... 7
A.    Hasil Pelaksanaan....................................................................................... 7
A.1Kultur Sekolah...................................................................................... 7
A.2Strategi Pembelajaran........................................................................... 8
A.3Sistem Evaluasi..................................................................................... 8
A.4Rancangan RPP.................................................................................... 9
A.5Pengembangan Media Pembelajaran................................................... 10
A.6Pengembangan Bahan-bahan Ajar....................................................... 10
A.7Pengembangan Sistem Evaluasi........................................................... 11
A.8Pengamatan Proses Pembelajaran........................................................ 11
B.     Pembahasan............................................................................................... 12
Bab IV Penutup..................................................................................................... 28
A.    Kesimpulan................................................................................................ 28
B.     Saran.......................................................................................................... 29
Daftar Pustaka....................................................................................................... 30
Lampiran Foto....................................................................................................... 31

Lampiran Foto....................................................................................................... 32

LEMBAR
PENGESAHAN KEGIATAN MAGANG 1

Laporan Program Magang 2 oleh Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Rappang di SMK Negeri 1 Panca Rijang tahun pelajaran 2015/2016 dinyatakan diterima dan disahkan.

              Yang melaksanakan kegiatan ini adalah :
              Nama                          : Pajrin
              NPM                           : 431810814
              Program studi             : Teknologi Pendidikan
              STKIP Muhammadiyah Rappang

                                                                                   Rappang, 19 September 2016

Disahkan oleh

Mengetahui
Kepala SMK Negeri 1 Panca Rijang



Drs. SUARDI, M.Si
NIP : 19641231 198803 1 178


Dosen Pengampu



Jumiati., S.Pd., M.Pd
NIDN : 0930128803



RUBRIK PENILAIAN
LAPORAN KEGIATAN MAGANG 2

 
Nama mahasiswa          : Pajrin
NPM                             : 431810814
Program studi               : Teknologi Pendidikan
Bab
Komponen
Ktiteria
Skala Penilaian
1
2
3
4
1
Pendahuluan
Visi Misi sekolah




Profil Sekolah




2
Prosedur Pelaksanaan
Jelas jumlah siswa, tempat, dan waktu pelaksanaan magang 1




Langkah-langkah melakukan pengamatan




3
Hasil pelaksanaan dan pembahasan
Deskripsi hasil pengamatan langsung kultur sekolah




Deskripsi hasil pengamatan untuk membangun kompetensi dasar padagogik, kepribadian, dan sosial




Deskripsi hasil pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik




Deskripsi hasil pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas




Refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran




4
Simpulan dan saran
Menyajikan simpulan hasil pelaksanaan




Saran tindak lanjud diberikan beserta temuan dan pembahasan hasil pelaksanaan dan pembelajaran inovatif di kelas




5
Daftar pustaka
Daftar pustaka relevan dan penulisnya sesuai ketentuan




Jumlah




Keterangan :
a.       Nilai: 1 Kurang Sekali; 2 Kurang; 3 Baik; 4 Baik Sekali
b.      Penentuan nilai akhir (NA) Magang 1
NA = (Jumlah Nilai Guru Pembimbing + Jumlah Nilai Dosen Pembimbing)/2
c.       Interval Nilai


BAB 1
PENDAHULUAN


A.    VISI DAN MISI

VISI
Mempersiapkan Tenaga Kerja Menengah yang Cerdas, Terampil Berkarakter Dan Religius

MISI
1.      Menerapkan suasana belajar melalui pendekatan nilai iman dan taqwa
2.      Melaksanakan sistem pembelajaran yang kreatif, mandiri dan bertanggung jawab.
3.      Melaksanakan sistem diklat secara professional, berkualitas dan berwawasan ekonomi bisnis.
4.      Menyiapkan tenaga kerja yang terampil sesuai kebutuhan dunia kerja


B.     PROFIL SEKOLAH

NO
IDENTITAS SEKOLAH
1.
Nama Sekolah
SMK Negeri Panca Rijang
2.
Nomor Statistik
341191896993
3.
Provinsi
Sulawesi Selatan
4.
Otonomi Darah
KAB.Sidenreng  Rappang
5.
Kecamatan
Panca Rijang
6.
Desa / Kelurahan
Rappang
7.
Jalan & Nomor
Jln.Ahmad Yani No. 1
8.
3
Kode POS
91651
9.
Telepon
Kode Wilayah : 0421
10.
Faxcimile / FAX
Kode Wilayah :
11.
Daerah
Perkantoran
12.
Status Sekolah
Negeri
13.
Kelompok Sekolah

14.
Akreditasi
B
15.
Surat Keputusan / SK
69/SK/BAP-SM/X/2014
16.
Penerbit & Ditanda Tangani Oleh
Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI
17.
Tahun Berdiri
Tahun 1992
18.
Tahun Penegerian
Tahun 1992
19.
Kegiatan Belajar Mengajar
Pagi & Siang
20.
Bangunan Sekolah
Milik Sendiri
21.
Lokasi Sekolah
Rappang
22.
Jarak Ke Pusat Kecamatan

23.
Jarak Ke Pusat Otoda
10 KM
24.
Terletak Pada Lintasan

25.
Perjalanan Perubahan Sekolah

26.
Jumlah Keanggotaan Rayon
Sekolah
27.
Organisasi Penyelenggara



BAB II
PROSEDUR PELAKSANAAN


A.    Jumlah Siswa, Tempat Dan Waktu Pelaksanaan Magang 2
1)      Jumlah Siswa
Jumlah siswa SMK NEGERI 1 PANCARIJANG tahun ajaran 2015/2016 adalah sebanyak 552 Siswa.

2)      Tempat Pelaksanaan Magang 2
Sesuai dengan hasil ketentuan para dosen dan staf di kampus STKIP Muhammadiyah sidrap, bahwa mahasiswa yang bernama :

Nama               : Pajrin
NPM               : 431810814
Prodi               : Teknologi Pendidikan

Di tempatkan untuk magang 2 di :

Nama Sekolah             : SMK NEGERI 1 PANCARIJANG
Alamat Sekolah           : Jl.Ahmad Yani No.1. Kec.Pancarijang Kab.Sidrap
Kelurahan /Desa          : Pancarijang
Kecamatan                  : Pancarijang
Kabupaten                   : Sidenreng Rappang

3)      Waktu Pelaksanaan Magang 2
Magang 2 di laksanakan selama kurang lebih 1 bulan, pembekalan magang 2 di adakan pada tanggal 8-9 Agustus 2016 dan Magang 2 akan di akhiri pada tanggal 22 September 2016 tahun ajaran 2015/2016


5
 

B.     Langkah-Langkah Melakukan Pengamatan
Dalam pelaksanaan kegiatan Magang 2 ini terdapat prosedur pelaksanaan yang harus dilaksanakan. Adapun  langkah-langkah  pengamatan  dalam pembuatan laporan adalah :

1.      mengadakan penelitian mulai dari visi misi sekolah, profil sekolah,  jumlah siswa, Sampai pada media pembelajaran yang gunakan pada saat proses belajar mengajar berlangsung.
2.      Melaksanakan proses pembuatan Silabus dan RPP
3.      Melaksanakan pengamatan terhadap kultur sekolah dan proses belajar mengajar di kelas.
4.      Pengambilan dokumentasi.

 BAB III
HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN


A.    Hasil Pelaksanaan
A.1. Deskripsi Hasil Pengamatan Langsung Kultur Sekolah Dan Perangkat Pembelajaran Yang Digunakan Guru.
1)        Keadaan sekolah
SMK Negeri 1 Pancarijang adalah salah satu sekolah favorit di Kabupaten sidrap, keadaan sekolah bersih dan indah, gedung-gedung sekolah tertata rapi dan baik sehingga dapat menyaingi sekolah-sekolah unggulan yang berada di kabupaten Sidrap.
Di dalam lingkungan sekolah ada terdapat lapangan olahraga seperti voli dan bulu tangkis, lapangan olahraga ini di gunakan murid-murid pada saat ada jam olahraga, juga digunakan untuk keperluan-keperluan lain, seperti Upacara bendera, dan kegiatan extra kurikuler lainya, seperti Pramuka, PMR, Dll. keadaan sekolah baik dan bersih, kursi-kursi dan meja-meja belajar disusun dengan baik dan rapi, sehingga keadaan di dalam sekolah terasa nyaman dan indah.
2)      Perangkat pembelajaran
7
Perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru di Smk Negeri 1 Pancarijang adalah menghadirkan objek pelajaran langsung di depan siswa, jadi siswa tidak lagi menghayalkan bagaimana model perangkat yang di ajarkan, karna mereka bisa melihat langsung alatnya, menyentuh, bahkan membongkar dan memasang alat itu sendiri, jadi pelajaran bisa berjalan dengan begitu efektif dan menyenangkan. Contonya : pada pelajaran merakit PC, guru menghadirkan sebuah CPU untuk di bongkar oleh siswa dan mereka pula yang memasangnya kembali, kemudian pada saat mereka merakit kembali komponen CPU, mereka harus menyebutkan apa nama alat yang dipasang dan apa fungsinya, sehigga siswa tidak hanya mengetahui apa namanya, namun juga mengetahui apa fungsinya dan bagaimana cara memasang alat tersebut.

A.2. Deskripsi Hasil Pengamata Strategi Pembelajaran
          Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru SMK Negeri 1 Pancarijang, hampir sama dengan srategi yang di gunakan oleh guru-guru di sekolah-sekolah lain. Menggunakan metode :
a)        Ceramah
b)        Diskusi
c)        Presentasi dan
d)       Praktek

A.3. Deskripsi Hasil Pengamatan Sistem Evaluasi
Dalam memberikan evaluasi untuk siswa biasanya dilakukan 15 menit sebelum jam mata pelajaran berakhir, setelah guru memberikan materi. Siswa akan diberikan kesempatan untuk bertanya apabila masih ada materi yang belum dimengerti oleh siswa. Apabila proses tanya jawab telah selesai maka guru akan memberikan tugas kepada siswa untuk dikumpul pada pertemuan selanjutnya.
Sistem eveluasa ini juga biasanya dilakukan di awal kegiatan proses belajar-mengajar dimulai, biasanya guru memberikan pertanyaan-pertanyaan menyangkut materi yang disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
Evaluasi ini bersifat teks, non teks, dan penugasan.

A.4. Deskripsi Hasil Rancangan RPP
Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan. Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
a.       Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
b.      Partisipasi aktif peserta didik.
c.       Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
d.      Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
e.       Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
f.       Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduanantara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
g.      Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
h.      Penerapan teknologi informasi dan komunikasisecara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
A.5. Refleksi Hasil Pengembangan Media Pembelajaran
Dari hasil pengamatan yang kami lakukan di SMK Negeri 1 Pancarijang, kami melihat bahwa media yang dilakukan guru-guru di sana masih sangat sederhana. Seperti Buku-buku paket mata pelajaran, LKS, benda, atau objek langsung yang berkaitan dengan mata pelajaran yang dibawakan. Namun disisi lain sudah ada guru-guru yang menggunakan media yang canggih dan lebih moderen, seperti laptop, lcd, komputer, dll. yang dapat menunjang tingkat keefektifan proses belajar mengajar di kelas.

A.6 Deskripsi Hasil Pengembangan Bahan-Bahan Ajar
            Dari hasil pengamatan di sekolah, kami mengamati bahwa ternyata guru mata pelajaran di sekolah terutama pada jurusan TKJ ( Tehnik KomputerDan Jaringan) Mengembangkan Bahan-bahan ajar berupa buku atau LKS, dari bahan-bahan ajar ini mereka merangkumkan menjadi satu bahan yang lebih efisien dan mudah di mengeti oleh siswa, bahasa yang di gunakan juga merupakan bahasa-bahasa sederhana sehingga dapat dengan mudah di mengerti oleh siswa, bahan-bahan ajar ini biasanya juga di buat dalam bentuk media presentasi sehingga dari bahan-bahan ajar yang sederhana ini dapat berubah menjadi media yang menarik minat siswa untuk belajar.

A.7 Deskripsi  Hasil Pengembangan Perangkat Evaluasi
Perangkat yang di gunakan untuk sistem evaluasi yaitu alat peraga yang dibahas pada saat materi berlangsung. Biasanya guru memberikan alat untuk dibongkar dan kemudian di pasang kembali sesuai dengan prosedur yang ada. Ada juga yang memberikan soal-soal, kemudia akan di jawab oleh siswa.

A.8 Refleksi Hasil Pengamatan Proses Pembelajaran.
Proses pembelajaran biasanya berlangsung selama ± 90 menit. Guru memberikan materi sesuai RPP yg telah di rangcang sebelumnya. Proses pembelajaran di dalam kelas berjalan begitu baik dan lancar. Interaksi antara guru dan siswa juga baik, sehingga proses belajar tidak begitu kaku, dan siswa tidak begitu canggung pada saat ada sesuatu yang ingin di tanyakan.
Guru menjelaskan materi dengan baik dan menggukan bahasa-bahasa yang mudah di mengerti oleh siswa, sehingga siswa lebih rilex mengikuti pelajaran, dan proses pembelajaran berjalan secara lebih efetif.


B.     Pembahasan
1.      Deskripsi Hasil Pengamatan Langsung Kultur Sekolah Dan Perangkat Pembelajaran Yang Digunakan Guru.
SMK Negeri 1 Pancarijang adalah salah satu sekolah favorit di kabupaten Sidrap pada umumnya dan di Kecamatan Pancarijang Khususnya. Sekolah ini beralamat di jalan Ahmad Yani No. 1. Keadaan sekolah sangat baik, ruangan-ruangan tertata rapi dan halaman sekolah pun bertata dengan baik, di halaman sekolah terdapat lapangan olahraga yang digunakan pada saat mata pelajaran penjas. Ruangan kelas bersih dan rapi. Sebelum memulai pelajaran di kelas, siswa selalu melakukan pembersihan kelas agar kelas terasa nyaman pada saat proses belajar berlangsung.
Sistem pelajaran yang digunakan di dalam kelas bermacam-macam. Mulai dari yang menggunakan metode bercerita, tanya jawab, sampai yang menggunakan metode praktik langsung di lapangan, sesuai dengan kebutuhan siswa  dan materi yang diajarkan.
Biasanya sistem pelajaran dengan menggunakan metode bercerita, dilakukan oleh guru-guru yang sudah lanjut, yang kurang menguasai teknologi. Guru hanya menggunakan metode bercerita karena tampa bantuan media pembelajaran yang lebih moderen, seperti komputer, laptop lcd, dan media pembelajaran lainya yang lebih mampu mendorong semangat dan hasil belajar siswa. Disamping itu, banyak juga guru yang sudah dapat menggunakan media pembelajaran yang lebih mendukung. Guru-guru sudah mampu menggunakan media pembelajaran yg lebih moderan dan lebih efektif. Seperti LCD, leptop dll.

2.      Deskripsi Hasil Pengamata Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran yang di gunakan oleh guru SMK Negeri 1 Pancarijang, hampir sama dengan srategi yang di gunakan oleh guru-guru di sekolah-sekolah lain. Menggunakan metode :
a)        Ceramah
Metode ceramah ini biasanya masih digunakan oleh guru-guru yang sudah tua, yang kurang mengetahui teknologi. Strategi yang digunakan oleh guru ini biasanya hanya membagikan buku paket atau LKS. Dari buku ini kemudia dibahas ditambah dengan tugas-tugas yag diberikan kepada siswa.
b)        Diskusi
Metode diskusi juga di lakukan oleh guru di SMK Negeri 1 Pancarijang. Metode ini lebih efektif dari metode ceramah tadi, karena metode ini menuntut siswa lebih banyak berbicara di depan kelas. Berbicara di depan kelas adalah modal utama siswa dalam melakukan aktifitas belajar-mengajar, karna dapat menambah mental siswa dan menambah semangat belajar mereka.
c)        Presentasi
Presentasi ini merupakan metode yang begitu efektif dalam proses belajar-mengajar di kelas, karan dapat menambah keefektipan proses belajar dengan menggunakan alat-alat yang sudah memadahi dalam mendukung proses belajar-mengajar. Contohnya saja Laptop dan LCD
d)       PraktIk
Praktek ini dilakukan dengan cara menghadirkan alat-alat yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diajarkan. Misalnya matapelajatan “Merakit Personal Komputer”. Guru menghadirkan alat-alat berupa CPU bekas atau laptop bekas untuk dipraktekkan langsung di dalam kelas. Biasanya murid disuruh untuk membongkar dan memasang kembali CPU sesuai dengan petunjuk yang ada. Kemudian sambil memasang kompunan-kompunen CPU murit-murit juga harus menjelaskan apa nama komponennya beserta fungsinya.

3.      Deskripsi Hasil Pengamatan Sistem Evaluasi
Sesuai hasil pengamatan yang  saya lakukan di SMK Negeri 1 Pancarijang pada mata pelajaran Merakit Personal Kompiuter kelas X Semester 1 Kami menemukan bahwa evaluasi yang digunakan guru dengan tujuan pembelajaran adalah evaluasi tes, non tes, dan penugasan. Evaluasi ini lebih dipilih guru karena sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada. Oleh karena itu kami menyimpulkan bahwa evaluasi yang diadakan guru berdasarkan tujuan  pembelajaran ini sudah sangat sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kurikulum. Selain itu juga, evaluasi ini bisa memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan tugas-tugasnya, baik itu sebagai penyampai materi pelajaran maupun sebagai siswa yang menerima pelajaran.

4.      Hasil Rancangan RPP
Berikut adalah hasil rancangan RPP yang telah di buat selama proses magang di SMK negeri 1 Pancarijang.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMK NEGERI  1 PANCARIJANG

TAHUN PELAJARAN 2016/2017

 



Satuan Pendidikan         : SMK Negeri 1 Pancarijang
Kompetensi Keahlian     : Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran               : Teknik Komputer dan Jaringan
Kelas / Semester             : X / 1

A.      STANDAR KOMPETENSI
Merakit Personal Komputer

B.       KOMPETENSI DASAR
Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi

C.      INDIKATOR
a.       Daftar kebutuhan dan spesifikasi komputer disediakan.
b.      Buku manual dan petunjuk pengoperasian komponen disediakan

D.      ALOKASI WAKTU
12 Jam  @ 45 MENIT
E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
A.    Sikap
a)      Memilih peralatan/komponen PC secara teliti
b)      Mengedepankan sifat jujur dalam pemilihan komponen berdasarkan prinsip ekonomi
B.     Pengetahuan
a.       Menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing
b.      Menejelaskan jenis-jenis piranti input dan output serta spesifikasi dan perkembangannya
C.    Keterampilan
a.       Membuat daftar rencana kebutuhan dan spesifikasi PC
b.      Menguji komponen PC sesuai dengan buku manual

F.     MATERI PEMBELAJARAN
Jenis-jenis peralatan / komponen pada PC serta spesifikasi masing-masing

G.    METODE PEMBELAJARAN
a.       Demonstrasi/Presentasi
b.      Praktek
c.       Menghadirkan alat-alat peraga secara langsung

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke -1
Kegiatan Awal :
Guru memberi salam, tegur sapa, mengabsen siswa, memberi motivasi dan informasi target ketrampilan yang akan dikuasai setelah selesai pembelajaran.

Kegiatan Inti :
a.       Mengali pemahaman siswa tentang cara memilih peralatan / komponen PC secara teliti
b.      Mengedepan-kan sifat jujur dalam pemilihan komponen berdasarkan prinsip ekonomi
c.       Memperlihatkan Movie Perakitan Komputer Track 1
d.      Penjelasan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing
e.       Menyamakan Persepsi tentang cara pemilihan peralatan / komponen PC

Kegiatan Akhir :
a.       Siswa diberikan pertanyaan lisan.
b.      Membuat kesimpulan.
c.       Pemberian PR.

Pertemuan ke -2
Kegiatan Awal :
a.       Guru memberi salam, tegur sapa, mengabsen siswa,
b.      Guru melaksanakan pre-test
c.       Tugas kepada siswa membaca modul

Kegiatan Inti :
a.       Menggali pemahaman siswa tentang  jenis-jenis piranti  input  dan output serta spesifikasi dan perkembangannya
b.      Menjelaskan jenis-jenis piranti proses serta spesifikasi dan perkembangannya.
c.       Membuat daftar rencana kebutuhan dan spesifikasi PC
d.      Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis piranti input  dan output serta spesifikasi dan perkembangannya.

Kegiatan Akhir :
a)      Siswa diberikan pertanyaan lisan.
b)      Membuat kesimpulan.
c)      Pemberian PR.

Pertemuan ke -3
Kegiatan Awal :
a.        Guru memberi salam, tegur sapa, mengabsen siswa, memberi motifasi dan informasi target ketrampilan yang akan dikuasai setelah selesai pembelajaran..
b.       Guru menanyakan materi / pelajaran pertemuan sebelumnya

Kegiatan Inti : PRAKTEK
a.       Menggali pemahaman siswa tentang piranti input  dan output
  1. Menjelaskan mengenai tata tertib praktek di bengkel.
  2. Pembagian kelompok, peralatan dan piket kebersihan.
  3. Menjelaskan Jobsheet
  4. Guru mendampingi, membimbing dan memfasilitasi siswa yang sedang praktik.
f.       Siswa dapat mengerjakan tugas praktek, menyebutkan spesifikasi piranti input  dan output

Kegiatan Akhir :
Guru melakukan diskusi / sharing dengan siswa untuk pemecahan masalah apabila ditemui masalah saat siswa praktek.



Pertemuan ke -4
Kegiatan Awal :
a.       Guru memberi salam, tegur sapa, mengabsen siswa, memberi motifasi dan informasi target ketrampilan yang akan dikuasai setelah selesai pembelajaran..
b.      Guru menanyakan materi / pelajaran pertemuan sebelumnya

Kegiatan Inti : PRAKTEK
a.       Menggali pemahaman siswa tentang spesifikasi khusus piranti input dan output
  1. Menjelaskan mengenai tata tertib praktek di bengkel.
  2. Pembagian kelompok, peralatan dan piket kebersihan.
  3. Menjelaskan Jobsheet
  4. Menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing bagian piranti
  5. Guru mendampingi, membimbing dan memfasilitasi siswa yang sedang praktik.
  6. Siswa dapat menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing bagian

Kegiatan Akhir :
  1. Guru melakukan diskusi / sharing dengan siswa untuk pemecahan masalah apabila ditemui masalah saat siswa praktek.
  2. Guru menginformasikan pertemuan yang akan datang dilakukan tes tertulis, ujian praktek dan mengumpulkan laporan praktek.

I.         SUMBER BELAJAR
a.       Modul Merakit PC
b.      Buku Referensi
c.       Internet
d.      Movie Presentation Merakit Komputer 1, 2, 3

J.      METODE PENILAIAN
a.       Tes tertulis
b.      Merangkum materi dan modul
c.       Laporan hasil praktikum
d.      Tugas artikel dari internet
e.       Keaktifan peserta didik dalam kelas

K.      SISTEM PENILAIAN
a.       Tes Tertulis bobot 20%
b.      Tugas / Laporan praktek bobot 10%
c.       Tes Uji Praktek bobot 70% (Kompeten nilai diatas 75, tidak kompeten kurang dari nilai 75)
d.      KKM pada sekolah untuk mapel praktek produktif TKJ adalah 75
e.       Penilaian praktek siswa mempresentasikan / unjuk kerja / demonstrasi proses kegiatan praktek sesuai jobs

Norma Penilaian
Skor penilaian :          NILAI = JUMLAH BENAR  X 100
                                            JUMLAH SOAL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMK NEGERI  1 PANCARIJANG

TAHUN PELAJARAN 2016/2017

 



Satuan Pendidikan         : SMK Negeri 1 Pancarijang
Kompetensi Keahlian     : Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran               : Teknik Komputer dan Jaringan
Kelas / Semester             : X / 1

A.      STANDAR KOMPETENSI
c)      Merakit Personal Komputer

B.     KOMPETENSI DASAR
a.       Melakukan instalasi komponen PC

C.    INDIKATOR
a.       Prosedur / SOP perakitan disiapkan
b.      Menyiapkan alat-alat penginstalan. Windows, Flash Disk, Kaset, dll
c.       Menyiapkan Alat yang akan di instalasi (Leptop/Komputer)
d.      Menyiapkan Perangkat Aplikasi dan Driver

D.    ALOKASI WAKTU
a.       12 Jam  @ 45 Menit

E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Sikap
a.         Melaksanakan keamanan dan keselamatan kerja dalam pengoperasian peralatan
b.         Memperlihatkan sikap cermat dan teliti dalam menerapkan prosedur perakitan PC


2.      Pengetahuan
a.         Menjelaskan jenis-jenis piranti proses serta spesifikasi dan perkembangannya
b.         Menejelaskan prosedur buku perakitan
3.      Keterampilan
Merakit komponen Personal Komputer

F.     MATERI  PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1
4.      Langkah-langkah perakitan komputer serta prosedur dan keselamatan kerja pada saat merakit komputer

G.    METODE PENDEKATAN PEMBELAJARAN
a.       Demonstrasi/Presentasi
b.      Menyimak Movie Perakitan Komputer 1, 2
c.       Praktek

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke -1
Kegiatan Awal :
Guru memberi salam, tegur sapa, mengabsen siswa, memberi motifasi dan informasi target ketrampilan yang akan dikuasai setelah selesai pembelajaran.

Kegiatan Inti :
a.       Menggali pemahaman siswa tentang cara merakit PC
b.      Menjelaskan  Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam perakitan peralatan
c.       Memperlihatkan sikap cermat dan teliti dalam menerapkan prosedur perakitan PC
d.      Menjelaskan prosedur baku perakitan
e.       Menonton Movie Perakitan PC sebagai bahan contoh
f.       Menguraikan karakteristik dan tata cara penanganan tiap-tiap komponen PC
g.      Menguji komponen-komponen PC sesuai dengan buku manual
h.      Menginstalasi komponen PC
i.        Siswa dapat menjelaskan  Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam perakitan peralatan PC
j.        Siswa dapat menggunakan peralatan sesuai dengan fungsinya
k.      Siswa dapat praktek sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang ditentukan
Kegiatan Akhir  
a.    Guru memberikan sesi tanya jawab kepada siswa
b.    Guru menilai kemampuan siswa (postes)

I.       SUMBER / MEDIA PEMBELAJARAN
a.       Modul
b.      Buku Referensi
c.       Internet

J.      METODE PENILAIAN
a.       Tes tertulis
b.      Merangkum materi dan modul
c.       Laporan hasil praktikum
d.      Tugas artikel dari internet
e.       Keaktifan peserta didik dalam kelas

K.      SISTEM PENILAIAN
1.      Tes Tertulis bobot 20%
2.      Tugas / Laporan praktek bobot 10%
3.      Tes Uji Praktek bobot 70% (Kompeten nilai diatas 75, tidak kompeten kurang dari nilai 75)
4.      KKM pada sekolah untuk mapel praktek produktif TKJ adalah 75
5.      Penilaian praktek siswa mempresentasikan / unjuk kerja / demonstrasi proses kegiatan praktek sesuai jobs

Skor penilaian :          NILAI = JUMLAH BENAR  X 100
                                      JUMLAH SOAL




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMK NEGERI  1 PANCARIJANG

TAHUN PELAJARAN 2016/2017

 



Satuan Pendidikan         : SMK Negeri 1 Pancarijang
Kompetensi Keahlian     : Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran               : Teknik Komputer dan Jaringan
Kelas / Semester             : X / 1


A.      STANDAR KOMPETENSI
Merakit Personal Komputer
B.       KOMPETENSI DASAR
Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal..
C.      INDIKATOR
a.       Hasil perakitan PC dan pemasangan periferal diidentifikasi
b.      Perakitan, jenis komponen dan setting yang dilakukan dicatat dan dilaporkan sesuai dengan SOP yang berlaku
c.       PC yang telah dirakit diuji tampilan dan berfungsi dengan baik
D.      ALOKASI WAKTU
               12 Jam  @ 45 mENIT
E.       TUJUAN PEMBELAJARAN
e.       Sikap
Mengikuti aturan dalam pengujian PC dan periferal
f.       Pengetahuan
Menjelaskan tujuan, produk, prosedur dan cara penggunaan peralatan untuk diagnosis
g.      Keterampilan
a.    Memeriksa hasil perakitan PC dengan cermat
b.    Memeriksa hasil pemasangan periferal
F.       MATERI AJAR
a.    Cara identifikasi hasil perakitan PC dan pemasangan periferal
b.    Cara Memeriksa PC dengan teliti Serta OS (Oprating Sistem) yang di gunakan.
G.      METODE PEMBELAJARAN
a.    Demonstrasi/Presentasi
b.    Praktek
H.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal :
Guru memberi salam, tegur sapa, mengabsen siswa, memberi motifasi dan informasi target ketrampilan yang akan dikuasai setelah selesai pembelajaran.


Kegiatan Inti :
a.       Menggali pemahaman siswa tentang pengujian PC
b.      Mengikuti aturan dalam pengujian PC dan peripheral
c.       Menjelaskan tujuan, produk, prosedur dan cara penggunaan peralatan untuk diagnosis
d.      Memeriksa hasil perakitan PC
e.       Memeriksa hasil pemasangan periferal
b.      Siswa dapat melakukan pengjian PC dan periferal
I.       SUMBER BELAJAR
a.       Modul Merakit PC
b.      Movie Perakitan PC
c.       Buku Referensi
d.      Internet
J.      METODE PENILAIAN
a.       Tes tertulis
b.      Merangkum materi dan modul
c.       Laporan hasil praktikum
d.      Tugas artikel dari internet
e.       Keaktifan peserta didik dalam kelas
K.      SISTEM PENILAIAN
a.       Tes Tertulis bobot 20%
b.      Tugas / Laporan praktek bobot 10%
c.       Tes Uji Praktek bobot 70% (Kompeten nilai diatas 75, tidak kompeten kurang dari nilai 75)
d.      KKM pada sekolah untuk mapel praktek produktif TKJ adalah 75
e.       Penilaian praktek siswa mempresentasikan / unjuk kerja / demonstrasi proses kegiatan praktek sesuai jobs

Norma Penilaian
Skor penilaian :          NILAI = JUMLAH BENAR  X 100
                                                              JUMLAH SOAL


5.      Refleksi Hasil Pengembangan Media Pembelajaran
Jika kita tinjau dari segi pengembangan media pembelajaran di SMK Negeri 1 Pancarijang, maka kami bisa menyimpulan bahwa media yang digunakan masih sangat minim. Masih banyak guru-guru yang menggunakan metode bercerita, sehingga media-media yang kita harapkan dapat menambah tingkat keefektifan proses belajar-mengajar, masih jarang kita jumpai di dalam kelas. Sebagian guru-guru yang mengajar hanya bermodalkan buku paket saja, atau buku-buku panduan pelajaran, seperti LKS, Makalah, dll.
Namun tidak semua guru yang ada hanya menggunakan media berupa buku paket, atau buku-buku panduan lainya. Sudah ada guru yang menggunakan media pembantu, seperti LCD, Proyektor, Komputer, dll. Khususnya pada mata pelajaran Merakit Personal Komputer, guru menggunakan media objek langsung apa yang akan menjadi pokok pembahasan pada proses belajar-mengajar di kelas. Misalnya guru ingin mengajarkan bagaimana cara membongkar dan memasang kembali komponen-komponen komputer, maka objek yang dihadirkan didalam kelas yaitu komputer itu sendiri, kemudian itulah yang akan diperlihatkan langsung kepada siswa cara membongkar dan memasangnya sesuai prosedur yang baik dan benar.

6.      Deskripsi Hasil Pengembangan Bahan-Bahan Ajar
Ditinjau dari segi bahan-bahan ajar yang digunakan oleh guru di SMK Negeri 1 Pancarijang, ternyata bahan-bahan ajar yang digunakan sudah mulai berkembang, seperti buku-buku paket yang diajarkan sudah mulai di kembangkan sesuai kebutuhan siswa, bahan yang dirancang guru sebelum memasuki ruangan kelas sudah dirancang sebelumnya sehingga  pada saat proses belajar mengajar berlangsung, proses belajar berjalan dengan baik dan lancar. Begitu juga alat-alat penunjang proses pembelajaran sudah banyak perkembangan seperti alat-alat olahraga. Seperti bola, net, dll. Sedangkan pada mata pelajaran yang lain, sudah disiapkan media-media pembelajaran seperti komputer, LCD Proyektor, dan alat-alat peraga lainya yang berhubungan dengan mata pelajaran yang dibawakan oleh masing-masing guru.

7.      Deskripsi Hasil Pengembangan Perangkat Evaluasi
Pengembangan perangkat eveluasi yang digunakan guru hampir sama dengan yang digunakan di sekolah lain pada umumnya. Biasanya guru menggunakan soal-soal yang berkaitan dengan materi yang dibawakan atau melakukan tanya jawab kepada siswa. Guru melakukan evaluasi sebelum dan sesudah memberikan materi. Kemudian sebelum mengakhiri pertemuan guru memberikan tugas untuk siswa.
Pada mata pelajaran “Merakit Personal Komputer” guru mata pelajaran menggunakan perangkat pembelajaran untuk dijadikan perangkat evaluasi, seperti menggukanan CPU untuk dibongkar dan dipasang kembali oleh siswa sesuai prosedur yang telah ditentukan.


8.      Refleksi Hasil Pengamatan Proses Pembelajaran
Berdasarkan hasil pengamatan mahasiswa STKIP Muhammadiyah Rappang mengenai hasil pengamatan proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Pancarijang selama ± 2 bulan. Kami dapat menarik kesimpulan bahwa proses belajar-mengajar di dalam kelas sudah dapat berjalan dengan baik. Guru dapat membawakan materi ajar dengan baik dengan mengacuh pada RPP yang sebelumnya telah dirancang.
Para siswa juga mengikuti pelajaran dengan baik sehingga tercipta proses pembelajaran yang nyaman dan efektif. Pada saat proses pembelajaran berlangsung, guru memberikan mata pelajaran dengan bantuan media seperti LCD dan Komputer, sehingga dapat menarik minat siswa dalam belajar.


BAB IV 
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Berdasarkan hasil proses magang 2 ini, kami dapat menyimpulkan bahwa SMK Negeri 1 Pancarijang merupakan sebuah sekolah di Kabupaten Sidenteng Rappang yang termasuk sekolah unggulan. Semua aspek yang ada didalam lingkungan sekolah saling bekerjasama untuk terwujudnya proses belajar mengajar yang efektif.
Proses pembelajaran yang berlangsung, juga cukup baik. Guru-guru telah menerapkan proses pembelajaran dengan menggunakan media-media pembelajaran yang berhubungan dengan mata pelajaran atau materi pembelajaran yang diajarkan dan disusun dengan RPP dan Silabus. Walaupun demikian masih ada juga guru yang menggunakan metode bercerita ataupun diskusi didalam kelas, namun pelajaran tetap berlangsung dengan baik. Karena dilaksanakan secara tertib dan efektif.
Setelah pelaksanaan magang 2 ini selesai banyak ilmu yang bisa kami petik, kami dapat mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kegiatan didalam kelas, dan cara guru untuk menyelesaikan masalah-masalah yang timbul pada saat proses belajar-mengajar berlangsung dan bagaimana trik-trik atau cara melaksanakan proses pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.
28

 

B.     Saran
Dari hasil pelaksanaan magang 2 ini, kami dapat menyimpulkan beberapa hal yang seharusyna dapat lebih di tingkatkan :
1.      Harus lebih di tingkatkan pengamanan dan kebersihan yang ada di lingkungan sekolah
2.      Pengadaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar berlangsung, seperti LCD Proyektor, Laptop untuk guru, dan penambahan sarana pembelajaran seperti komputer, buku-buku paket, dan alat-alat olahraga.
3.      Peningkatan mutu pembelajaran melalui sosialisasi penggunaan media pembelajaran untuk guru-guru yang kurang mengerti cara menggunakan media.
4.      Peningkatan kedisiplinan untuk siswa-wiswa yang kurang disiplin, seperti datang terlambat dan  pulang cepat.

DAFTAR PUSTAKA

Online.http://viapurwawisesasiregar.blogspot.com/2014/03/makalah-tentang-kompetensi-paedagofik.html [Artikel diterbitkan pada jumat, 07 Maret 2014 dan diakses pada Minggu, 23 September 2016]
Online.http://elfa43eriyani.wordpress.com/2012/12/23/kompetensi-guru/ [Artikel diterbitkan pada 23 Desember 2013 dan diakses pada 06 Oktober 2016]
Online.https://www.blibli.com/?a_blibid=5615c31e2a44d(Artikel. (Artikel diterbitkan pada 15 Januari 2013 da di akses pada 18 November 2016
       Program Magang 2. 2015. Buku Panduan Magang 2. STKIP Muhammadiyah Sidrap.
       Umaedi. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wardani. 2007. Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Jakarta: Universitas Terbuka






                       



30
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar