LAPORAN
KEGIATAN MAGANG 2
SMK NEGERI 1 PANCA RIJANG
Oleh
Nama : PAJRIN
NPM : 431810814
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
STKIP MUHAMMADIYAH SIDENRENG
RAPPANG
2016/2017
Kata Pengantar
Segala
puji hanya milik Allah SWT. karena atas berkat limpahan
rahmat dan hidayahnyalah sehingga kami dapat menyelesaikan laporan Magang 2 ini. Shalawat dan salam selalu
tercurahkan kepada Nabiullah Muhammad SAW. Nabi yang telah membawa manusia dari lembah
kehinaan sampai pada Puncak kemuliaan.
Laporan Magang 2 ini Kami Susun berdasarkan petunjuk
dari Buku Panduan yang telah di bagikan sebelumnya, yang kemudian kami Tulis
berdasarkan pengamatan yang telah kami lakukan selama kurang lebih 1 bulan.
Laporan ini di kami tulis dengan berbagai macam rintangan dan halangan. Baik itu
yang datang dari diri kami sendiri maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh
kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya laporan Magang 2 ini dapat terselesaikan.
Semoga laporan ini dapat menjadi Sumber informasi bagi Penulis Maupun
Pembaca khususnya para mahasiswa STKIP Muhammadiyah Rappang. Tentang Keadaan
sekolah SMK Negeri 1 Pancarijang, yang berada di
Kabupaten Sudrap. Kami sadar bahwa Laporan ini masih banyak
kekurangan dan jauh dari
kata sempurna. Untuk itu, kepada dosen
pembimbing kami meminta masukannya demi perbaikan dalam pembuatan Laporan Magang selanjutnya
dan mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.
Lautang Salo,19/September/2016
Penyusun
Daftar
Isi
Hal
Kata Pengantar........................................................................................................ I
Daftar Isi................................................................................................................ II
Pengesahan Magang 1............................................................................................ 1
Rubrik Penilaian...................................................................................................... 2
Bab I Pendahuluan................................................................................................. 3
A.
Visi Misi...................................................................................................... 3
B. Profil
Sekolah............................................................................................. 3
Bab II Prosedur
Pelaksanaan.................................................................................. 5
A.
Jumlah Siswa, Tempat, Dan Waktu............................................................ 5
B. Langkah-Langkah
Pengamatan.................................................................. 6
Bab III Hasil
Pelaksanaan Dan Pembahasan.......................................................... 7
A.
Hasil Pelaksanaan....................................................................................... 7
A.1Kultur
Sekolah...................................................................................... 7
A.2Strategi
Pembelajaran........................................................................... 8
A.3Sistem
Evaluasi..................................................................................... 8
A.4Rancangan
RPP.................................................................................... 9
A.5Pengembangan
Media Pembelajaran................................................... 10
A.6Pengembangan
Bahan-bahan Ajar....................................................... 10
A.7Pengembangan
Sistem Evaluasi........................................................... 11
A.8Pengamatan
Proses Pembelajaran........................................................ 11
B.
Pembahasan............................................................................................... 12
Bab IV Penutup..................................................................................................... 28
A.
Kesimpulan................................................................................................ 28
B. Saran.......................................................................................................... 29
Daftar Pustaka....................................................................................................... 30
Lampiran Foto....................................................................................................... 31
Lampiran Foto....................................................................................................... 32
LEMBAR
PENGESAHAN
KEGIATAN MAGANG 1
Laporan
Program Magang 2 oleh Mahasiswa STKIP Muhammadiyah
Rappang di SMK
Negeri
1
Panca Rijang tahun pelajaran 2015/2016 dinyatakan diterima dan disahkan.
Yang melaksanakan kegiatan ini
adalah :
Nama : Pajrin
NPM : 431810814
Program studi : Teknologi Pendidikan
STKIP Muhammadiyah Rappang
Rappang,
19 September 2016
Disahkan
oleh
Mengetahui
Kepala
SMK
Negeri 1
Panca Rijang
Drs. SUARDI, M.Si
NIP
: 19641231
198803 1 178
Dosen Pengampu
Jumiati., S.Pd., M.Pd
NIDN : 0930128803
|
RUBRIK PENILAIAN
LAPORAN KEGIATAN MAGANG 2
|
Nama
mahasiswa : Pajrin
NPM : 431810814
Program
studi : Teknologi Pendidikan
Bab
|
Komponen
|
Ktiteria
|
Skala
Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Pendahuluan
|
Visi Misi
sekolah
|
|
|
|
|
Profil Sekolah
|
|
|
|
|
||
2
|
Prosedur
Pelaksanaan
|
Jelas jumlah
siswa, tempat, dan waktu pelaksanaan magang 1
|
|
|
|
|
Langkah-langkah
melakukan pengamatan
|
|
|
|
|
||
3
|
Hasil
pelaksanaan dan pembahasan
|
Deskripsi
hasil pengamatan langsung kultur sekolah
|
|
|
|
|
Deskripsi
hasil pengamatan untuk membangun kompetensi dasar padagogik, kepribadian, dan
sosial
|
|
|
|
|
||
Deskripsi
hasil pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik
|
|
|
|
|
||
Deskripsi hasil
pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas
|
|
|
|
|
||
Refleksi hasil
pengamatan proses pembelajaran
|
|
|
|
|
||
4
|
Simpulan dan
saran
|
Menyajikan
simpulan hasil pelaksanaan
|
|
|
|
|
Saran tindak
lanjud diberikan beserta temuan dan pembahasan hasil pelaksanaan dan
pembelajaran inovatif di kelas
|
|
|
|
|
||
5
|
Daftar pustaka
|
Daftar pustaka
relevan dan penulisnya sesuai ketentuan
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a. Nilai:
1 Kurang Sekali; 2 Kurang; 3 Baik; 4 Baik Sekali
b. Penentuan
nilai akhir (NA) Magang 1
NA
= (Jumlah Nilai Guru Pembimbing + Jumlah Nilai Dosen Pembimbing)/2
c.
Interval Nilai
BAB 1
PENDAHULUAN
A. VISI
DAN MISI
VISI
“Mempersiapkan Tenaga Kerja Menengah yang Cerdas, Terampil
Berkarakter Dan Religius”
MISI
1. Menerapkan suasana belajar melalui pendekatan nilai
iman dan taqwa
2. Melaksanakan sistem pembelajaran yang kreatif, mandiri
dan bertanggung jawab.
3. Melaksanakan sistem diklat secara professional,
berkualitas dan berwawasan ekonomi bisnis.
4. Menyiapkan tenaga kerja yang terampil sesuai kebutuhan
dunia kerja
B. PROFIL
SEKOLAH
NO
|
IDENTITAS
SEKOLAH
|
||
1.
|
Nama
Sekolah
|
SMK
Negeri Panca Rijang
|
|
2.
|
Nomor
Statistik
|
341191896993
|
|
3.
|
Provinsi
|
Sulawesi
Selatan
|
|
4.
|
Otonomi
Darah
|
KAB.Sidenreng Rappang
|
|
5.
|
Kecamatan
|
Panca
Rijang
|
|
6.
|
Desa
/ Kelurahan
|
Rappang
|
|
7.
|
Jalan
& Nomor
|
Jln.Ahmad
Yani No. 1
|
|
8.
|
|
91651
|
|
9.
|
Telepon
|
Kode
Wilayah : 0421
|
|
10.
|
Faxcimile
/ FAX
|
Kode
Wilayah :
|
|
11.
|
Daerah
|
Perkantoran
|
|
12.
|
Status
Sekolah
|
Negeri
|
|
13.
|
Kelompok
Sekolah
|
|
|
14.
|
Akreditasi
|
B
|
|
15.
|
Surat
Keputusan / SK
|
69/SK/BAP-SM/X/2014
|
|
16.
|
Penerbit & Ditanda Tangani Oleh
|
Menteri
Pendidikan & Kebudayaan RI
|
|
17.
|
Tahun
Berdiri
|
Tahun
1992
|
|
18.
|
Tahun
Penegerian
|
Tahun
1992
|
|
19.
|
Kegiatan
Belajar Mengajar
|
Pagi
& Siang
|
|
20.
|
Bangunan
Sekolah
|
Milik
Sendiri
|
|
21.
|
Lokasi
Sekolah
|
Rappang
|
|
22.
|
Jarak
Ke Pusat Kecamatan
|
|
|
23.
|
Jarak
Ke Pusat Otoda
|
10
KM
|
|
24.
|
Terletak Pada
Lintasan
|
|
|
25.
|
Perjalanan
Perubahan Sekolah
|
|
|
26.
|
Jumlah
Keanggotaan Rayon
|
Sekolah
|
|
27.
|
Organisasi
Penyelenggara
|
|
BAB II
PROSEDUR
PELAKSANAAN
A.
Jumlah
Siswa, Tempat Dan Waktu Pelaksanaan Magang 2
1)
Jumlah
Siswa
Jumlah siswa SMK NEGERI 1 PANCARIJANG tahun ajaran 2015/2016
adalah sebanyak 552 Siswa.
2)
Tempat
Pelaksanaan Magang 2
Sesuai dengan
hasil ketentuan para dosen dan staf di kampus STKIP Muhammadiyah sidrap, bahwa mahasiswa
yang bernama :
Nama : Pajrin
NPM :
431810814
Prodi : Teknologi Pendidikan
Di tempatkan untuk magang 2 di :
Nama Sekolah : SMK
NEGERI 1 PANCARIJANG
Alamat Sekolah : Jl.Ahmad Yani No.1. Kec.Pancarijang
Kab.Sidrap
Kelurahan /Desa : Pancarijang
Kecamatan : Pancarijang
Kabupaten : Sidenreng Rappang
3)
Waktu
Pelaksanaan Magang 2
Magang 2 di laksanakan selama kurang lebih
1 bulan, pembekalan magang 2
di adakan pada tanggal 8-9
Agustus 2016 dan Magang 2 akan di akhiri pada tanggal 22 September 2016 tahun ajaran 2015/2016
5
|
B.
Langkah-Langkah
Melakukan Pengamatan
Dalam pelaksanaan kegiatan Magang 2 ini
terdapat prosedur pelaksanaan yang harus dilaksanakan. Adapun langkah-langkah pengamatan
dalam pembuatan laporan adalah :
1. mengadakan
penelitian mulai dari visi misi sekolah, profil sekolah, jumlah siswa, Sampai pada media pembelajaran yang gunakan pada saat proses belajar
mengajar berlangsung.
2. Melaksanakan
proses pembuatan Silabus dan RPP
3. Melaksanakan
pengamatan terhadap kultur sekolah dan proses belajar mengajar di kelas.
4. Pengambilan
dokumentasi.
BAB
III
HASIL
PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
A.
Hasil
Pelaksanaan
A.1.
Deskripsi Hasil Pengamatan Langsung Kultur Sekolah Dan Perangkat Pembelajaran
Yang Digunakan Guru.
1)
Keadaan sekolah
SMK Negeri 1 Pancarijang adalah salah
satu sekolah favorit di Kabupaten sidrap, keadaan sekolah bersih dan indah,
gedung-gedung sekolah tertata rapi dan baik sehingga dapat menyaingi
sekolah-sekolah unggulan yang berada di kabupaten Sidrap.
Di dalam lingkungan sekolah ada terdapat
lapangan olahraga seperti voli dan bulu tangkis, lapangan olahraga ini di
gunakan murid-murid pada saat ada jam olahraga, juga digunakan untuk
keperluan-keperluan lain, seperti Upacara bendera, dan kegiatan extra kurikuler
lainya, seperti Pramuka, PMR, Dll. keadaan sekolah baik dan bersih, kursi-kursi
dan meja-meja belajar disusun dengan baik dan rapi, sehingga keadaan di dalam
sekolah terasa nyaman dan indah.
2) Perangkat
pembelajaran
7
|
A.2.
Deskripsi Hasil Pengamata Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran yang digunakan
oleh guru SMK Negeri 1 Pancarijang, hampir sama dengan srategi yang di gunakan
oleh guru-guru di sekolah-sekolah lain. Menggunakan metode :
a)
Ceramah
b)
Diskusi
c)
Presentasi dan
d)
Praktek
A.3.
Deskripsi Hasil Pengamatan Sistem Evaluasi
Dalam memberikan evaluasi untuk siswa biasanya dilakukan
15 menit sebelum jam mata pelajaran berakhir, setelah guru memberikan materi.
Siswa akan diberikan kesempatan untuk bertanya apabila masih ada materi yang
belum dimengerti oleh siswa. Apabila proses tanya jawab telah selesai maka guru
akan memberikan tugas kepada siswa untuk dikumpul pada pertemuan selanjutnya.
Sistem eveluasa ini juga biasanya dilakukan di awal
kegiatan proses belajar-mengajar dimulai, biasanya guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan menyangkut materi yang disampaikan pada pertemuan
sebelumnya.
Evaluasi ini bersifat teks, non teks, dan penugasan.
A.4. Deskripsi
Hasil Rancangan RPP
Perencanaan
pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran
meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan
sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan.
Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
Dalam menyusun
RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
a.
Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat
intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi,
gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya,
norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
b.
Partisipasi aktif peserta didik.
c.
Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi,
minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
d.
Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan
kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai
bentuk tulisan.
e.
Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program
pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
f.
Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduanantara KD, materi pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber
belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
g.
Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata
pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
h.
Penerapan teknologi informasi dan komunikasisecara terintegrasi,
sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
A.5.
Refleksi Hasil Pengembangan Media Pembelajaran
Dari hasil pengamatan yang kami lakukan di SMK Negeri 1 Pancarijang, kami
melihat bahwa media yang dilakukan guru-guru di sana masih sangat sederhana.
Seperti Buku-buku paket mata pelajaran, LKS, benda, atau objek langsung yang
berkaitan dengan mata pelajaran yang dibawakan. Namun disisi lain sudah ada
guru-guru yang menggunakan media yang canggih dan lebih moderen, seperti laptop,
lcd, komputer, dll. yang dapat menunjang tingkat keefektifan proses belajar mengajar
di kelas.
A.6 Deskripsi
Hasil Pengembangan Bahan-Bahan Ajar
Dari hasil pengamatan di sekolah,
kami mengamati bahwa ternyata guru mata pelajaran di sekolah terutama pada
jurusan TKJ ( Tehnik KomputerDan Jaringan) Mengembangkan Bahan-bahan ajar
berupa buku atau LKS, dari bahan-bahan ajar ini mereka merangkumkan menjadi
satu bahan yang lebih efisien dan mudah di mengeti oleh siswa, bahasa yang di
gunakan juga merupakan bahasa-bahasa sederhana sehingga dapat dengan mudah di
mengerti oleh siswa, bahan-bahan ajar ini biasanya juga di buat dalam bentuk
media presentasi sehingga dari bahan-bahan ajar yang sederhana ini dapat
berubah menjadi media yang menarik minat siswa untuk belajar.
A.7
Deskripsi Hasil Pengembangan Perangkat
Evaluasi
Perangkat yang di gunakan untuk sistem evaluasi yaitu alat peraga yang dibahas
pada saat materi berlangsung. Biasanya guru memberikan alat untuk dibongkar dan
kemudian di pasang kembali sesuai dengan prosedur yang ada. Ada juga yang
memberikan soal-soal, kemudia akan di jawab oleh siswa.
A.8 Refleksi
Hasil Pengamatan Proses Pembelajaran.
Proses pembelajaran biasanya berlangsung selama ± 90 menit. Guru memberikan
materi sesuai RPP yg telah di rangcang sebelumnya. Proses pembelajaran di dalam
kelas berjalan begitu baik dan lancar. Interaksi antara guru dan siswa juga
baik, sehingga proses belajar tidak begitu kaku, dan siswa tidak begitu
canggung pada saat ada sesuatu yang ingin di tanyakan.
Guru menjelaskan materi dengan baik dan menggukan bahasa-bahasa yang mudah
di mengerti oleh siswa, sehingga siswa lebih rilex mengikuti pelajaran, dan proses
pembelajaran berjalan secara lebih efetif.
B. Pembahasan
1. Deskripsi Hasil Pengamatan Langsung
Kultur Sekolah Dan Perangkat Pembelajaran Yang Digunakan Guru.
SMK Negeri 1 Pancarijang adalah salah satu sekolah favorit di kabupaten
Sidrap pada umumnya dan di Kecamatan Pancarijang Khususnya. Sekolah ini
beralamat di jalan Ahmad Yani No. 1. Keadaan sekolah sangat baik,
ruangan-ruangan tertata rapi dan halaman sekolah pun bertata dengan baik, di
halaman sekolah terdapat lapangan olahraga yang digunakan pada saat mata
pelajaran penjas. Ruangan kelas bersih dan rapi. Sebelum memulai pelajaran di
kelas, siswa selalu melakukan pembersihan kelas agar kelas terasa nyaman pada
saat proses belajar berlangsung.
Sistem pelajaran yang digunakan di dalam kelas bermacam-macam. Mulai dari
yang menggunakan metode bercerita, tanya jawab, sampai yang menggunakan metode
praktik langsung di lapangan, sesuai dengan kebutuhan siswa dan materi yang diajarkan.
Biasanya sistem pelajaran dengan menggunakan metode bercerita, dilakukan
oleh guru-guru yang sudah lanjut, yang kurang menguasai teknologi. Guru hanya
menggunakan metode bercerita karena tampa bantuan media pembelajaran yang lebih
moderen, seperti komputer, laptop lcd, dan media pembelajaran lainya yang lebih
mampu mendorong semangat dan hasil belajar siswa. Disamping itu, banyak juga
guru yang sudah dapat menggunakan media pembelajaran yang lebih mendukung.
Guru-guru sudah mampu menggunakan media pembelajaran yg lebih moderan dan lebih
efektif. Seperti LCD, leptop dll.
2. Deskripsi Hasil Pengamata Strategi
Pembelajaran
Strategi pembelajaran yang di gunakan oleh guru SMK Negeri 1 Pancarijang,
hampir sama dengan srategi yang di gunakan oleh guru-guru di sekolah-sekolah
lain. Menggunakan metode :
a)
Ceramah
Metode ceramah ini biasanya masih digunakan oleh
guru-guru yang sudah tua, yang kurang mengetahui teknologi. Strategi yang digunakan
oleh guru ini biasanya hanya membagikan buku paket atau LKS. Dari buku ini
kemudia dibahas ditambah dengan tugas-tugas yag diberikan kepada siswa.
b)
Diskusi
Metode diskusi juga di lakukan oleh guru di SMK Negeri
1 Pancarijang. Metode ini lebih efektif dari metode ceramah tadi, karena metode
ini menuntut siswa lebih banyak berbicara di depan kelas. Berbicara di depan
kelas adalah modal utama siswa dalam melakukan aktifitas belajar-mengajar,
karna dapat menambah mental siswa dan menambah semangat belajar mereka.
c)
Presentasi
Presentasi ini merupakan metode yang begitu efektif
dalam proses belajar-mengajar di kelas, karan dapat menambah keefektipan proses
belajar dengan menggunakan alat-alat yang sudah memadahi dalam mendukung proses
belajar-mengajar. Contohnya saja Laptop dan LCD
d)
PraktIk
Praktek ini dilakukan dengan cara menghadirkan
alat-alat yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diajarkan. Misalnya
matapelajatan “Merakit Personal Komputer”. Guru menghadirkan alat-alat berupa
CPU bekas atau laptop bekas untuk dipraktekkan langsung di dalam kelas.
Biasanya murid disuruh untuk membongkar dan memasang kembali CPU sesuai dengan
petunjuk yang ada. Kemudian sambil memasang kompunan-kompunen CPU murit-murit
juga harus menjelaskan apa nama komponennya beserta fungsinya.
3. Deskripsi Hasil Pengamatan Sistem
Evaluasi
Sesuai hasil
pengamatan yang saya lakukan di SMK Negeri 1 Pancarijang pada mata pelajaran
Merakit Personal Kompiuter kelas X Semester 1 Kami menemukan bahwa evaluasi
yang digunakan guru dengan tujuan pembelajaran adalah evaluasi tes, non tes,
dan penugasan. Evaluasi ini lebih dipilih guru karena sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang ada. Oleh karena itu kami menyimpulkan bahwa evaluasi yang
diadakan guru berdasarkan tujuan pembelajaran ini sudah sangat
sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kurikulum. Selain itu juga, evaluasi ini
bisa memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan tugas-tugasnya, baik itu sebagai
penyampai materi pelajaran maupun sebagai siswa yang menerima pelajaran.
4. Hasil Rancangan RPP
Berikut
adalah hasil rancangan RPP yang telah di buat selama proses magang di SMK
negeri 1 Pancarijang.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMK NEGERI 1 PANCARIJANG
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Satuan Pendidikan :
SMK Negeri 1 Pancarijang
Kompetensi Keahlian :
Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran :
Teknik Komputer dan Jaringan
Kelas / Semester :
X / 1
A.
STANDAR KOMPETENSI
Merakit
Personal Komputer
B.
KOMPETENSI DASAR
Merencanakan
kebutuhan dan spesifikasi
C.
INDIKATOR
a.
Daftar kebutuhan
dan spesifikasi komputer disediakan.
b.
Buku manual dan
petunjuk pengoperasian komponen disediakan
D.
ALOKASI WAKTU
12 Jam @ 45 MENIT
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
A.
Sikap
a)
Memilih
peralatan/komponen PC secara teliti
b)
Mengedepankan sifat jujur dalam pemilihan komponen
berdasarkan prinsip ekonomi
B.
Pengetahuan
a.
Menjelaskan diagram
blok komputer dan fungsi masing-masing
b.
Menejelaskan
jenis-jenis piranti input dan output serta spesifikasi dan perkembangannya
C.
Keterampilan
a.
Membuat daftar
rencana kebutuhan dan spesifikasi PC
b.
Menguji komponen PC
sesuai dengan buku manual
F.
MATERI PEMBELAJARAN
Jenis-jenis peralatan / komponen pada PC serta
spesifikasi masing-masing
G.
METODE PEMBELAJARAN
a.
Demonstrasi/Presentasi
b.
Praktek
c.
Menghadirkan
alat-alat peraga secara langsung
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke -1
Kegiatan Awal :
Guru memberi salam, tegur sapa, mengabsen siswa,
memberi motivasi dan informasi target ketrampilan yang akan dikuasai setelah
selesai pembelajaran.
Kegiatan
Inti :
a.
Mengali
pemahaman siswa tentang cara memilih peralatan /
komponen PC secara teliti
b.
Mengedepan-kan
sifat jujur dalam pemilihan komponen berdasarkan prinsip ekonomi
c.
Memperlihatkan
Movie Perakitan Komputer Track 1
d.
Penjelasan diagram
blok komputer dan fungsi masing-masing
e.
Menyamakan Persepsi
tentang cara pemilihan peralatan / komponen PC
Kegiatan Akhir :
a.
Siswa diberikan pertanyaan lisan.
b.
Membuat kesimpulan.
c.
Pemberian PR.
Pertemuan ke -2
Kegiatan Awal :
a.
Guru memberi salam, tegur sapa, mengabsen siswa,
b.
Guru melaksanakan pre-test
c.
Tugas kepada siswa membaca modul
Kegiatan
Inti :
a.
Menggali pemahaman
siswa tentang jenis-jenis piranti input
dan output serta spesifikasi dan perkembangannya
b.
Menjelaskan jenis-jenis
piranti proses serta spesifikasi dan perkembangannya.
c.
Membuat daftar
rencana kebutuhan dan spesifikasi PC
d.
Siswa dapat
menjelaskan jenis-jenis piranti input
dan output serta spesifikasi dan perkembangannya.
Kegiatan Akhir :
a)
Siswa diberikan pertanyaan lisan.
b)
Membuat kesimpulan.
c)
Pemberian PR.
Pertemuan ke -3
Kegiatan Awal :
a.
Guru memberi salam, tegur sapa, mengabsen siswa, memberi
motifasi dan informasi target ketrampilan yang akan dikuasai setelah selesai
pembelajaran..
b.
Guru menanyakan materi / pelajaran pertemuan sebelumnya
Kegiatan
Inti : PRAKTEK
a.
Menggali pemahaman siswa tentang piranti input dan output
- Menjelaskan mengenai tata tertib praktek di
bengkel.
- Pembagian kelompok, peralatan dan piket
kebersihan.
- Menjelaskan Jobsheet
- Guru mendampingi, membimbing dan
memfasilitasi siswa yang sedang praktik.
f.
Siswa dapat mengerjakan tugas praktek, menyebutkan
spesifikasi piranti input dan output
Kegiatan Akhir :
Guru melakukan diskusi /
sharing dengan siswa untuk pemecahan masalah apabila ditemui masalah saat siswa
praktek.
Pertemuan ke -4
Kegiatan Awal :
a.
Guru memberi salam, tegur sapa, mengabsen siswa, memberi
motifasi dan informasi target ketrampilan yang akan dikuasai setelah selesai
pembelajaran..
b.
Guru menanyakan materi / pelajaran pertemuan sebelumnya
Kegiatan
Inti : PRAKTEK
a.
Menggali pemahaman siswa tentang spesifikasi khusus
piranti input dan output
- Menjelaskan mengenai tata tertib praktek di
bengkel.
- Pembagian kelompok, peralatan dan piket
kebersihan.
- Menjelaskan Jobsheet
- Menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing bagian piranti
- Guru mendampingi, membimbing dan
memfasilitasi siswa yang sedang praktik.
- Siswa dapat
menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing
bagian
Kegiatan Akhir :
- Guru melakukan
diskusi / sharing dengan siswa untuk pemecahan masalah apabila ditemui
masalah saat siswa praktek.
- Guru menginformasikan
pertemuan yang akan datang dilakukan tes tertulis, ujian praktek dan
mengumpulkan laporan praktek.
I.
SUMBER BELAJAR
a.
Modul Merakit PC
b.
Buku Referensi
c.
Internet
d.
Movie Presentation
Merakit Komputer 1, 2, 3
J.
METODE PENILAIAN
a.
Tes tertulis
b.
Merangkum materi
dan modul
c.
Laporan hasil
praktikum
d.
Tugas artikel dari
internet
e.
Keaktifan peserta
didik dalam kelas
K.
SISTEM PENILAIAN
a.
Tes Tertulis bobot 20%
b.
Tugas / Laporan praktek bobot 10%
c.
Tes Uji Praktek bobot 70% (Kompeten nilai diatas 75,
tidak kompeten kurang dari nilai 75)
d.
KKM pada sekolah untuk mapel praktek produktif TKJ adalah
75
e.
Penilaian praktek siswa mempresentasikan / unjuk kerja /
demonstrasi proses kegiatan praktek sesuai jobs
Norma Penilaian
Skor penilaian : NILAI = JUMLAH BENAR X 100
JUMLAH SOAL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMK NEGERI 1
PANCARIJANG
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Satuan Pendidikan :
SMK Negeri 1 Pancarijang
Kompetensi Keahlian :
Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran :
Teknik Komputer dan Jaringan
Kelas / Semester :
X / 1
A.
STANDAR KOMPETENSI
c)
Merakit Personal
Komputer
B.
KOMPETENSI DASAR
a.
Melakukan
instalasi komponen PC
C.
INDIKATOR
a.
Prosedur
/ SOP perakitan disiapkan
b.
Menyiapkan alat-alat penginstalan.
Windows, Flash Disk, Kaset, dll
c.
Menyiapkan Alat yang akan di instalasi
(Leptop/Komputer)
d.
Menyiapkan Perangkat Aplikasi dan Driver
D.
ALOKASI WAKTU
a.
12 Jam @ 45 Menit
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Sikap
a.
Melaksanakan
keamanan dan keselamatan kerja dalam pengoperasian peralatan
b.
Memperlihatkan
sikap cermat dan teliti dalam menerapkan prosedur perakitan PC
2.
Pengetahuan
a.
Menjelaskan
jenis-jenis piranti proses serta spesifikasi dan perkembangannya
b.
Menejelaskan prosedur buku perakitan
3.
Keterampilan
Merakit
komponen Personal Komputer
F.
MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke 1
4.
Langkah-langkah
perakitan komputer serta prosedur dan keselamatan kerja pada saat merakit
komputer
G.
METODE PENDEKATAN PEMBELAJARAN
a.
Demonstrasi/Presentasi
b.
Menyimak Movie
Perakitan Komputer 1, 2
c.
Praktek
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
ke -1
Kegiatan
Awal :
Guru memberi salam, tegur sapa, mengabsen siswa,
memberi motifasi dan informasi target ketrampilan yang akan dikuasai setelah
selesai pembelajaran.
Kegiatan
Inti :
a.
Menggali pemahaman
siswa tentang cara merakit PC
b.
Menjelaskan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam
perakitan peralatan
c.
Memperlihatkan sikap cermat dan teliti dalam
menerapkan prosedur perakitan PC
d.
Menjelaskan
prosedur baku perakitan
e.
Menonton Movie
Perakitan PC sebagai bahan contoh
f.
Menguraikan
karakteristik dan tata cara penanganan tiap-tiap komponen PC
g.
Menguji komponen-komponen
PC sesuai dengan buku manual
h.
Menginstalasi
komponen PC
i.
Siswa dapat
menjelaskan Keamanan dan Keselamatan
Kerja (K3) dalam perakitan peralatan PC
j.
Siswa dapat
menggunakan peralatan sesuai dengan fungsinya
k.
Siswa dapat praktek
sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang ditentukan
Kegiatan Akhir
a.
Guru memberikan
sesi tanya jawab kepada siswa
b.
Guru menilai
kemampuan siswa (postes)
I.
SUMBER / MEDIA PEMBELAJARAN
a.
Modul
b.
Buku Referensi
c.
Internet
J.
METODE PENILAIAN
a.
Tes tertulis
b.
Merangkum materi
dan modul
c.
Laporan hasil
praktikum
d.
Tugas artikel dari
internet
e.
Keaktifan peserta
didik dalam kelas
K.
SISTEM PENILAIAN
1.
Tes Tertulis bobot 20%
2. Tugas / Laporan praktek
bobot 10%
3. Tes Uji Praktek bobot 70%
(Kompeten nilai diatas 75, tidak kompeten kurang dari nilai 75)
4. KKM pada sekolah untuk
mapel praktek produktif TKJ adalah 75
5.
Penilaian praktek siswa mempresentasikan / unjuk kerja /
demonstrasi proses kegiatan praktek sesuai jobs
Skor penilaian : NILAI = JUMLAH BENAR X 100
JUMLAH
SOAL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMK NEGERI 1
PANCARIJANG
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
Satuan Pendidikan :
SMK Negeri 1 Pancarijang
Kompetensi Keahlian :
Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran :
Teknik Komputer dan Jaringan
Kelas / Semester :
X / 1
A.
STANDAR KOMPETENSI
Merakit
Personal Komputer
B.
KOMPETENSI DASAR
Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal..
C.
INDIKATOR
a.
Hasil perakitan PC
dan pemasangan periferal diidentifikasi
b.
Perakitan, jenis
komponen dan setting yang dilakukan dicatat dan dilaporkan sesuai dengan SOP
yang berlaku
c.
PC yang telah
dirakit diuji tampilan dan berfungsi dengan baik
D.
ALOKASI WAKTU
12 Jam @ 45 mENIT
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
e.
Sikap
Mengikuti aturan dalam pengujian PC
dan periferal
f.
Pengetahuan
Menjelaskan tujuan, produk, prosedur dan cara penggunaan
peralatan untuk diagnosis
g.
Keterampilan
a.
Memeriksa
hasil perakitan PC dengan cermat
b.
Memeriksa
hasil pemasangan periferal
F.
MATERI AJAR
a.
Cara identifikasi
hasil perakitan PC dan pemasangan periferal
b.
Cara
Memeriksa PC dengan teliti Serta OS (Oprating Sistem) yang di gunakan.
G.
METODE PEMBELAJARAN
a.
Demonstrasi/Presentasi
b.
Praktek
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal :
Guru memberi salam, tegur sapa,
mengabsen siswa, memberi motifasi dan informasi target ketrampilan yang akan
dikuasai setelah selesai pembelajaran.
Kegiatan Inti :
a.
Menggali pemahaman
siswa tentang pengujian PC
b.
Mengikuti aturan
dalam pengujian PC dan peripheral
c.
Menjelaskan tujuan,
produk, prosedur dan cara penggunaan peralatan untuk diagnosis
d.
Memeriksa hasil
perakitan PC
e.
Memeriksa hasil
pemasangan periferal
b.
Siswa dapat
melakukan pengjian PC dan periferal
I.
SUMBER BELAJAR
a.
Modul Merakit PC
b.
Movie Perakitan PC
c.
Buku Referensi
d.
Internet
J.
METODE PENILAIAN
a.
Tes tertulis
b.
Merangkum materi
dan modul
c.
Laporan hasil
praktikum
d.
Tugas artikel dari
internet
e.
Keaktifan peserta
didik dalam kelas
K.
SISTEM PENILAIAN
a.
Tes Tertulis bobot 20%
b.
Tugas / Laporan praktek bobot 10%
c.
Tes Uji Praktek bobot 70% (Kompeten nilai diatas 75,
tidak kompeten kurang dari nilai 75)
d.
KKM pada sekolah untuk mapel praktek produktif TKJ adalah
75
e.
Penilaian praktek siswa mempresentasikan / unjuk kerja /
demonstrasi proses kegiatan praktek sesuai jobs
Norma Penilaian
Skor penilaian
: NILAI = JUMLAH BENAR X 100
JUMLAH SOAL
5. Refleksi Hasil Pengembangan Media Pembelajaran
Jika kita
tinjau dari segi pengembangan media pembelajaran di SMK Negeri 1 Pancarijang,
maka kami bisa menyimpulan bahwa media yang digunakan masih sangat minim. Masih
banyak guru-guru yang menggunakan metode bercerita, sehingga media-media yang
kita harapkan dapat menambah tingkat keefektifan proses belajar-mengajar, masih
jarang kita jumpai di dalam kelas. Sebagian guru-guru yang mengajar hanya
bermodalkan buku paket saja, atau buku-buku panduan pelajaran, seperti LKS,
Makalah, dll.
Namun tidak
semua guru yang ada hanya menggunakan media berupa buku paket, atau buku-buku
panduan lainya. Sudah ada guru yang menggunakan media pembantu, seperti LCD,
Proyektor, Komputer, dll. Khususnya pada mata pelajaran Merakit Personal Komputer, guru menggunakan media objek langsung
apa yang akan menjadi pokok pembahasan pada proses belajar-mengajar di kelas.
Misalnya guru ingin mengajarkan bagaimana cara membongkar dan memasang kembali
komponen-komponen komputer, maka objek yang dihadirkan didalam kelas yaitu
komputer itu sendiri, kemudian itulah yang akan diperlihatkan langsung kepada
siswa cara membongkar dan memasangnya sesuai prosedur yang baik dan benar.
6. Deskripsi Hasil Pengembangan Bahan-Bahan Ajar
Ditinjau dari segi bahan-bahan ajar yang digunakan oleh guru di SMK Negeri
1 Pancarijang, ternyata bahan-bahan ajar yang digunakan sudah mulai berkembang,
seperti buku-buku paket yang diajarkan sudah mulai di kembangkan sesuai
kebutuhan siswa, bahan yang dirancang guru sebelum memasuki ruangan kelas sudah
dirancang sebelumnya sehingga pada saat
proses belajar mengajar berlangsung, proses belajar berjalan dengan baik dan
lancar. Begitu juga alat-alat penunjang proses pembelajaran sudah banyak
perkembangan seperti alat-alat olahraga. Seperti bola, net, dll. Sedangkan pada
mata pelajaran yang lain, sudah disiapkan media-media pembelajaran seperti
komputer, LCD Proyektor, dan alat-alat peraga lainya yang berhubungan dengan
mata pelajaran yang dibawakan oleh masing-masing guru.
7. Deskripsi Hasil Pengembangan Perangkat Evaluasi
Pengembangan
perangkat eveluasi yang digunakan guru hampir sama dengan yang digunakan di
sekolah lain pada umumnya. Biasanya guru menggunakan soal-soal yang berkaitan
dengan materi yang dibawakan atau melakukan tanya jawab kepada siswa. Guru
melakukan evaluasi sebelum dan sesudah memberikan materi. Kemudian sebelum
mengakhiri pertemuan guru memberikan tugas untuk siswa.
Pada mata
pelajaran “Merakit Personal Komputer” guru mata pelajaran menggunakan perangkat
pembelajaran untuk dijadikan perangkat evaluasi, seperti menggukanan CPU untuk
dibongkar dan dipasang kembali oleh siswa sesuai prosedur yang telah ditentukan.
8. Refleksi Hasil Pengamatan Proses Pembelajaran
Berdasarkan hasil pengamatan mahasiswa STKIP
Muhammadiyah Rappang mengenai hasil pengamatan proses pembelajaran di SMK
Negeri 1 Pancarijang selama ± 2 bulan. Kami dapat menarik kesimpulan bahwa
proses belajar-mengajar di dalam kelas sudah dapat berjalan dengan baik. Guru
dapat membawakan materi ajar dengan baik dengan mengacuh pada RPP yang
sebelumnya telah dirancang.
Para siswa juga mengikuti pelajaran dengan baik
sehingga tercipta proses pembelajaran yang nyaman dan efektif. Pada saat proses
pembelajaran berlangsung, guru memberikan mata pelajaran dengan bantuan media
seperti LCD dan Komputer, sehingga dapat menarik minat siswa dalam belajar.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil proses magang 2 ini, kami dapat menyimpulkan bahwa SMK Negeri
1 Pancarijang merupakan sebuah sekolah di Kabupaten Sidenteng Rappang yang
termasuk sekolah unggulan. Semua aspek yang ada didalam lingkungan sekolah
saling bekerjasama untuk terwujudnya proses belajar mengajar yang efektif.
Proses pembelajaran yang berlangsung, juga cukup baik. Guru-guru telah
menerapkan proses pembelajaran dengan menggunakan media-media pembelajaran yang
berhubungan dengan mata pelajaran atau materi pembelajaran yang diajarkan dan
disusun dengan RPP dan Silabus. Walaupun demikian masih ada juga guru yang
menggunakan metode bercerita ataupun diskusi didalam kelas, namun pelajaran
tetap berlangsung dengan baik. Karena dilaksanakan secara tertib dan efektif.
Setelah pelaksanaan magang 2 ini selesai banyak ilmu yang bisa kami petik,
kami dapat mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kegiatan didalam kelas, dan
cara guru untuk menyelesaikan masalah-masalah yang timbul pada saat proses
belajar-mengajar berlangsung dan bagaimana trik-trik atau cara melaksanakan
proses pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.
28
|
B. Saran
Dari hasil
pelaksanaan magang 2 ini, kami dapat menyimpulkan beberapa hal yang seharusyna
dapat lebih di tingkatkan :
1.
Harus lebih di tingkatkan pengamanan dan kebersihan
yang ada di lingkungan sekolah
2.
Pengadaan media pembelajaran dalam proses belajar
mengajar berlangsung, seperti LCD Proyektor, Laptop untuk guru, dan penambahan
sarana pembelajaran seperti komputer, buku-buku paket, dan alat-alat olahraga.
3.
Peningkatan mutu pembelajaran melalui sosialisasi
penggunaan media pembelajaran untuk guru-guru yang kurang mengerti cara
menggunakan media.
4.
Peningkatan kedisiplinan untuk siswa-wiswa yang kurang
disiplin, seperti datang terlambat dan
pulang cepat.
DAFTAR PUSTAKA
Online.http://viapurwawisesasiregar.blogspot.com/2014/03/makalah-tentang-kompetensi-paedagofik.html [Artikel diterbitkan pada jumat, 07
Maret 2014 dan diakses pada Minggu, 23 September 2016]
Online.http://elfa43eriyani.wordpress.com/2012/12/23/kompetensi-guru/ [Artikel diterbitkan pada 23
Desember 2013 dan diakses pada 06 Oktober 2016]
Online.https://www.blibli.com/?a_blibid=5615c31e2a44d(Artikel. (Artikel diterbitkan pada 15
Januari 2013 da di akses pada 18 November 2016
Program
Magang 2. 2015. Buku Panduan Magang 2. STKIP
Muhammadiyah Sidrap.
Umaedi.
2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Wardani. 2007. Pemantapan Kemampuan
Mengajar (PKM). Jakarta: Universitas Terbuka
30
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar