Sabtu, 14 Oktober 2017

LAPORAN MAGANG 3 STKIP MUHAMMADIYAH SIDRAP 2016/2017



                                                      
    

LAPORAN

KEGIATAN MAGANG 3

SMA Negeri 4 Enrekang



Oleh

PAJRIN

431 810 814



PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

STKIP MUHAMMADIYAH SIDENRENG RAPPANG

TAPEL 2017/2018


 


LEMBAR PENGESAHAN KEGIATAN MAGANG 3

         Laporan program Magang 3 oleh mahasiswa STKIP Muhammadiyah Rappang di SMA Negeri 4 Enrekang , tahun ajaran 2017/2018 dinyatakan diterima dan disahkan.

Yang melaksanakan kegiatan ini adalah:

Nama                 : PAJRIN

NPM                 : 431 810 814

Program studi    : Teknologi Pendidikan

STKIP Muhammadiyah Rappang



                                                                                    Maroangin, 31 Juli 2017





Dosen Pengampu  


Syam Hremansyah, S.Pd., M.Pd.
NIDN:



Kepala Sekolah                                                 
SMA Negeri 4 Enrekang



Drs. H. Muhammad Yasin
NIP: 195812311986021072


Disahkan oleh,                                                            Mengetahui,








KATA PENGANTAR



 Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kita khaturkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua dan tidak lupa pula kita kirimkan sholawat serta salamkepada Nabi Besar kita Rasulullah S.A.W. yang telah membawa umatnya dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang seperti saat ini.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing serta teman-teman yang telah membantu kami dalam pembuatan laporan ini, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan ini yang akan tetapi kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam laporan ini, sehingga kami senantiasa terbuka untuk menerima saran dan kritik pembaca demi penyempurnaan laporan ini. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassalammu’alaikum Wr. Wb.



Enrekang, 31 Juli 2017



Penulis




DAFTAR ISI



Sampul............................................................................................................. i

Lembar Pengesahan......................................................................................... ii

Kata Pengantar................................................................................................ iii

Daftar Isi......................................................................................................... iv

Bab 1 Pendahuluan.......................................................................................... 1

a.       Visi Dan Misi Sekolah......................................................................... 1

b.      Profil Sekolah...................................................................................... 2

Bab 2 Prosedur Pelaksanaan............................................................................ 4

a.       Jumlah Siswa, Tempat, Dan Waktu Pelaksanaan Magang 3............... 4

b.      Langkah-Langkah Menyusun Perangkat Pembelajaran....................... 4

Bab 3 Hasil Pelaksanaan Dan Pembahasan..................................................... 6

1.      Hasil Pelaksanaan................................................................................ 6

a.       Silabus Dan Rpp............................................................................ 6

b.      Bahan Ajar, Lks, Dan Media Pembelajaran.................................. 6

c.       Instrumen Penelitian...................................................................... 6

2.      Pembahasan......................................................................................... 7

Bab 4 Simpulan Dan Saran............................................................................. 20

Dafrat Pustaka................................................................................................ 21

Lampiran......................................................................................................... 22

Foto Kegiatan................................................................................................. 31







BAB 1
PENDAHULUAN

A.           VISI DAN MISI SEKOLAH
v  VISI SEKOLAH
                    Visi sekolah adalah sesuatu yang  telah di rancang sesuai dengan potensi dan kondisi serta keinginan mayarakat di sekitar dan seluruh warga sekolah yang tentunya masih dalam koridor pembangunan pendidikan secara nasional sebagai imajinasi moral yang dijadikan rujukan dalam menentukan tujuan atau keadaan masa depan yang diharapkan. Adapun visi SMA Negeri 4 Enrekang yaitu sebagai berikut:
VISI
  “Memantapkan kemandirian sekolah untuk meningkatkan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa“
v  MOTTO SEKOLAH
        Berdasarkan rumusan visi di atas,maka dapat dijabarkan motto SMA Negeri 4 Enrekang yaitu:
MOTTO
1.      Unggul dalam berfikir.
2.      Mandiri dalam berkarya.
3.        Sopan dalam berbudi pekerti.



B.            PROFIL SEKOLAH
Nama Sekolah                   : SMAN 1 MAIWA
NPSN                                : 40305842
Jenjang Pendidikan           : SMA
Status Sekolah                   : Negeri
Alamat Sekolah                 : JL. JERUK MANIS MARANGIN
RT / RW                            : 2/3
Kode Pos                           : 91761
Kelurahan                          : Bangkala
Kecamatan                         : Kec. Maiwa
Kabupaten/Kota                : Kab. Enrekang
Provinsi                              : Prop. Sulawesi Selatan
Negara                               : Indonesia
Posisi Geografis                 : -3,7499      (Lintang)
                                             119,8602   (Bujur)
SK Pendirian Sekolah       : 0283/0/1991
Tanggal SK Pendirian       : 2015-11-22
Status Kepemilikan           : Pemerintah Daerah
Tgl SK Izin Operasional    : 2015-11-22
Nomor Rekening               : 33-22-0417
Nama Bank                        : BANK RAKYAT INDONESIA
Cabang KCP/Unit             : Enrekang
Rekening Atas Nama        : Drs. MUHAMMAD YASIN
MBS                                  : Ya
Luas Tanah Milik (m2)      : 24410
Luas Tanah Bukan Milik (m2): 0
Nama Wajib Pajak             : SMA NEGERI 1 MAIWA
NPWP                               : 00278057580200



Nomor Telepon                  : 3681003
Nomor Fax                        :  -
Email                                 : smansamaiwa@gmail.com
Website                              : http://www.smanegeri1maiwa.sch.id




BAB II
PROSEDUR PELAKSANAAN

A.    Jumlah Siswa, Tempat, dan Waktu Pelaksanaan Magang 3

         Berikut ini hasil penelitian kami tentang jumlah siswa di SMA Negeri 4 Enrekang yaitu sebagai berikut:
          Jumlah seluruh siswa SMA Negeri 4 Enrekang pada tahun ajaran 2017 / 2018 dari seluruh  jurusan , dan dari kelas X sampai XII yaitu berjumlah 488 siswa.
          Tempat magang saya, bertempat di SMA Negeri 4 Enrekang  yang berada di Jl. Jeruk Manis Maroangin RT/RW (2/3), Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Profinsi Sulawesi-Selatan.
           Waktu pelaksanaan magang 3 dimulai pada tanggal 10 Juli– 29 Agustus 2017 dan sebelumnya dilaksanakan pembekalan dan pelepasan Mahasiswa STKIP MUH. SIDRAP di Auditorium Hj. Zaini Razak  pada  tanggal 21-22 Juni.
B.     Langkah-langkah Menyusun Perangkat Pembelajaran
Adapun langhkah-langkah menyusun perangkat pembelajaran sebagai berikut:
1.      Mengecek atau melihat silabus yang telah disediakan untuk menopang dan menjadi titik dasar atau acuan untuk membuat sebuah rancana proses pembelajaran (RPP).
2.      Kemudian mencari buku atau bahan ajar yang sesuai dengan apa yang diinginkan Silabus untuk mempermudah merancang sebuah RPP .
3.      Membuat rencana proses pembelajaran (RPP).
4.      Melaksanakan proses pembelajaran didalam kelas sesuai dengan RPP yang telah dibuat.
5.      Menggunakan alat bantu dalam melaksanakan proses pembelajaran. Seperti: LKS, Project, dan semacamnya yang dapat melancarkan kegiatan belajar mengajar didalam kelas.





BAB III
HASILPELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN

A.    Hasil Pelaksanaan Pembelajaran
1.      Silabus dan RPP
a.       Silabus
Terlampir
b.      RPP Kelas XII
Terlampir
2.      Bahan Ajar, LKS, Dan Media Pembelajaran
a.       Bahan ajar 
Buku mata pelajaran TIK kelas 12 yang ditulis oleh Eko Supriyadi Muslim adalah salah satu referensi dalam membawakan mata pelajaran TIK di SMA Negeri 4 Enrekang. Buku ini kami coba download di internet dan kemudian kami jadikan bahan ajar pada pelaksanaan magang 3 di SMA Negeri 3 Enrekang.

b.      LKS
LKS adalah Salah Satu pegangan untuk siswa dan juga berisi latihan atau soal-soal mata pelajaran TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi). LKS menjadi salah satu pilihan bagi guru untuk mempermudah jalanya proses pembelajaran.

c.       Media Pembelajaran
Media pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 4 Enrekang adalah:
1.      LKS
2.      LCD
3.      Tutorial
4.      Perangkat pembelajaran lainya yang berhubungan.

3.      Instrumen Penelitian
-






BAB IV

SIMPULAN DAN SARAN



A.    Simpulan

                Dari hasil kegiatan Magang 3 kami di SMA Negeri 4 Enrekang, kami dapat menyimpulkan bahwa jumlah keseluruhan siswa di sekolah tersebut di tahun ajaran 2017/2018 atau saat ini adalah berjumlahkan 488 orang siswa dan juga kurikulum yang digunakan di sekolah tersebut sudah menggunakan Kurikulum 2013 (K13) dan perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru sudah tergolong modern karena sudah ada sebagian guru yang tidak melakukan proses pembelajarannya dengan cara manual atau sudah menggunakan alat eletronik seperti project dan sebagainya.

B.     Saran     

Saran kami bahwa apa yang telah di terapkan saat ini di SMA 4 Enrekang sudah sangat baik dan tinggal di pertahankan serta di kembangkan lagi agar sekolah tersebut bisa lebih maju dan meningkat kedepannya.









DAFTAR PUSTAKA





Widiati Utami, dkk. 2013. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

















Lampiran :



LEMBAR PENILAIAN LAPORAN INDIVIDU

DOSEN PEMBIBING MAGANG III

Nama Mahasiswa   : PAJRIN

NPM                      : 431810814

Program studi        : TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Nama Sekolah        : SMA N 4 Enrekang


Bab

Komponen

                Kriteria
Skala penilaial
1
2
3
4
1
Pendahuluan
Visi Misi sekolah






Profil sekolah




2
Prosedur
Pelaksanaan
Jelas jumlah  siswa,tempat,dan waktu pelaksanaan magang 3






Langkah-langkah menyusun perangkat pembelajaran                 




3
Hasil pelaksanaan dan pembahasan
Silabus dan RPP




Bahan ajar, LKS dan Media pembelajaran






Instrumen Penilaian




4
Simpulan dan Saran
Menyajikan simpulan hasil pelaksanaan




Saran tindak lanjut diberikan berdasarkan temuan dan pembahasan hasil pelaksanaan




pembelajaran inovatif di kelas




5
Daftar pustaka
Daftar pustaka relevan dan penulisannya sesuai ketentuan




Jumlah Skor





Keterangan

·      Skala : 1(kurang sekali):2(kurang):3(baik):4(baik sekali)

·      Penentuan nilai akhir (NA) Magang 3

                   NA=(jumlah nilai guru pembimbing+jumlah nilai dosen               pembimbing)/2

· Interval nilai



  Maroangin, 31 Juli 2017

Kepala sekolah
SMA Negeri 4 Enrekang



Drs. H. MUHAMMAD YASIN
NIP, 195812311986021072


                                                                      

Dosen pengampu                                                       



SAM HERMANSYAH, S.Pd, M.Pd
NIDN : 0912068202












INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Nama Mahasiswa          : PAJRIN

NPM                             : 431810814

Mata pelajaran              : TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut ;

1 : tidak baik,  2 : kurang baik, 3 : cukup baik, 4 : baik, 5 : sangat baik 

NO
INDIKATOR/ ASPEK YANN DIAMATI
Skor
I
MEMBUKA PEBELAJARAN

01
Memulai pembelajaran setelah persiapan
1 2 3 4 5   
02
Melakukan kegiatan appersepsi
1 2 3 4 5   
03
Menyampaikan tujuan pembelajaran
1 2 3 4 5   
II
INTI PEMBELAJARAN

A
STRATEGI PEMBELAJARAN

04
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang akan dicapai
1 2 3 4 5   
05
Melaksanakan pembelajaran sesuai runtut
1 2 3 4 5   
06
Menguasai kelas
1 2 3 4 5   
07
Melaksanakan pembelajaran yang berdampak pada kebiasaa positif
1 2 3 4 5   
08
Melaksanakan pembelajaran alokasi waktu yang ditentukan
1 2 3 4 5   
B
PENGUASAAN MATERI PELAJARAN

09
Menunujukkan penguasaan materi pembelajaran
1 2 3 4 5   
10
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
1 2 3 4 5   
11
Membahas materi dengan jelas dan sesuai dengan hirarki belajar
1 2 3 4 5   
12
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
1 2 3 4 5   
C
PEMAMFAATAN SUMBER BELAJAR/MEDIA PEMBELAJARAN

13
Menggunakan media secara efektif dan efesien
1 2 3 4 5   
14
Menghasilkan pesan yang menarik
1 2 3 4 5   
15
Melibatkan siswqa dalam pemanfaatan media
1 2 3 4 5   
D
PEMBELAJARAN AKTIF

16
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
1 2 3 4 5   
17
Menunujukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
1 2 3 4 5   
18
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme dalam belajar
1 2 3 4 5   
E
PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR

19
Memantau kemajuan belajar selama proses
1 2 3 4 5   
20
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
1 2 3 4 5   
F
PENGGUNAAN BAHASA

21
Menggunakan bahasa lisan dan tulisan secara jelas, baik, dan benar
1 2 3 4 5   
22
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
1 2 3 4 5   
III
PENUTUP

23
Melakukan refleksi/membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
1 2 3 4 5   
24
Melaksanakan tindak lanjut dengan mengarahkan kegiatan/remidi
1 2 3 4 5   
Total skor
Skor akhir = ........... X 100 =
                        120


Saran Guru Pamong :

........................................................................................................................................................................................................................................................................

Dengan ini, saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta yang sebenarnya, dan apabila dikemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.




Maroangin, 31 Juli 2017
Penguji,

..............................

                                                                                         






INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PERSONAL-SOSIAL

1.      Nama                                   : PAJRIN

2.      NPM                                    : 431810814

3.      Sekolah Tempat Praktik       : SMA N 4 Enrekang

Deskripsi skor : 1 ; tidak pernah, 2 ; kadang-kadang, 3 ; sering, 4 ; selalu

No
Aspek
Skor
I
Kedisiplinan
1.      Mengikuti aturan tata tertib sekolah
2.      Hadir/mengerjakan tugas tepat waktu

1 2 3 4
1 2 3 4
II
Tnggung jawab
3.      Mengerjakan tugas sesuai dengan kesepakatan
4.      Menunujukkan kestiaan (komitmen) pada keputusan yang diambil baik secara sendiri maupun secara kelompok

1 2 3 4
1 2 3 4
III
Kepemimpinan
5.      Kesediaa berprakarsa
6.      Kepekaan terhadap masalah
7.      Keberanian mengambil keputusan

1 2 3 4
1 2 3 4
1 2 3 4
IV
Kemampuan kerjasama
8.      Mau bekerjasama denga sejawat dalam mengerjakan tugas
9.      Mau bekerjasama dengan guru untuk meningkatkan kemampuan profesional

1 2 3 4
1 2 3 4
V
Kesetiakawana koloegial
10.  Menunjukkan kesediaan membantu teman sejawat yang mendapat masalah dalam melaksanakan tugas
11.  Menunjukkan kesediaan berperan serta dalam pembagian tugas dengan teman seajawat.

1 2 3 4

1 2 3 4
VI
Sikap terhadap Kepala sekolah, Guru, dan Staf sekolah
12.  Menunjukkan penghargaan dan sopan santun yang sehat
13.  Memfungsikan Kepala sekolah, Guru, dan Dosen pembimbing sebagai narasumber dan supervisor dalam usaha meningkatkan kemampuan profesional.

1 2 3 4
1 2 3 4
VII
Sikap terhadap siswa
14.  Menunjukkan sikap empati, sehingga dapat merasakan apa yang dialami oleh siswa
15.  Menunjukkan sikap bersahabat dan saling mempercaya

1 2 3 4

1 2 3 4
Jumlah skorl


Nilai Aspek personal-sosial =                                            

jumlah skor x 100

         60                                        

                                     


Maroangin, 31 Juli 2017

Dosen pengampu                                                       



SAM HERMANSYAH, S.Pd, M.Pd
NIDN : 0912068202




LEMBAR PENGAMATAN OLEH GURU PAMONG

Hari/tanggal          :

Mapel/tema           :

Kompetensi dasar  :

Kelas                      :

Jam ke-                   :                                                     

1.      Kelebihan/kekurangan praktikan dalam membuka  pelajaran ................................................................................................................................................................................................................................................



2.      Kelebihan/kekurangan praktikan dalam mengelola kelas

................................................................................................................................................................................................................................................



3.      Kelebihan/kekurangan praktikan dalam menggunakan media

................................................................................................................................................................................................................................................



4.      Penguasaan materi

................................................................................................................................................................................................................................................



5.      Kelebihan/kekurangan praktikan dalam menutup pembelajaran

................................................................................................................................................................................................................................................

Saran: ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................




Maroangin, 31 Juli 2017
Dosen pengampu                                                        



SAM HERMANSYAH, S.Pd, M.Pd
NIDN : 0912068202


                                                                              






TABEL KEGIATAN PESEKOLAHAN KELOMPOK



SEKOLAH : SMA N 4 ENREKANG


No.

Hari/Tanggal
Kegiatan
Nama Pemberian Tugas (yang Dibantu)
Tanda Tangan Pemberi Tugas ( Yang dibantu)
























PENILAIAN AKHIR PROGRAM



NAMA                                  : PAJRIN

PROGRAM STUDI             : TEKNOLOGI PENDIDIKAN

SEKOLAH                           : SMA N 4 ENEKANG

TAHUN AJARAN               : 2017/2018





NO
KOMPONEN
BOBOT
NILAI
BX N
1.
Nilai Pelaksanaan Pembelajaran dari Guru Pamong
40


2.
Aspek Personal dan Aspek Sosial
20


3.
Nilai Laporan Magang 3 dari DPM
40



JUMLAH
































 












 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar